Terjadi 44 Kali Gempa Bumi di Samosir, Eridawati: 4 Bulan Terakhir Sudah Lebih 100 Kali

Ilustrasi: Gempa Bumi.(f: ist/mistar)

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) kembali mengalami gempa dengan Skala Richter kecil.

Berdasarkan data yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Regional I Medan dan untuk hari ini terjadi 44 kali kejadian gempa bumi di sekita Kabupaten Samosir.

“Khusus tertanggal 11 Mei 2021, hingga pukul 08.00 WIB telah terjadi 44 kali kejadian gempa bumi di sekitar Kabupaten Samosir,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala BMKG Wilayah I Sumut, Eridawati, Selasa (11/5/21).

Baca Juga: Ahli Geologi: Tingginya Intensitas Gempa di Samosir Dipicu Patahan Renun

Sambungnya kembali, berdasarkan hasil pantauan BMKG adapun sebaran epicenter yang terjadi di kawasan seputar Kabupaten Samosir, dan gempa yang terjadi dapat dikategorikan gempa swarm yang mana frekuensinya terjadi berulang dan sangat lokal.

Sambung Plt Kepala BMKG Wilayah I Sumut kembali, dengan sampai saat ini, sudah terjadi lebih dari 100 kali kejadian dalam 4 bulan terakhir.

“Sumber gempa di wilayah ini kita asumsikan adanya dike swarm yang bersifat pararel yang terbentuk sebagai respons terhadap medan tekanan regional atau radiasi dike swarm yang bersumber dari rekahan yang sudah ada sebelumnya dan bukan dari intrusi magma,” kata Eridawati lagi.

Baca Juga: Kawasan Danau Toba Kembali Diguncang Gempa Tektonik Senin Petang

Kondisi ini dikatakan pihaknya memang cukup menarik untuk di teliti, BMKG-USK sedang melakukan penelitian dan sudah memasang sensor di beberapa titik.

Dengan kondisi gempa yang berulang ini, BMKG menghimbau masyarakat untuk lebih tenang atas adanya kejadian gempa  dan sejauh ini belum ada laporan yang dirasakan dari masyarakat di Samosir.

Terakhir informasi yang dihimpun dari BMKG bahwa pada pukul 09.07 wib telah terjadi gempa kembali 2,1 Maghnetudo Skala Richter.(Hamzah/hm13)