27.9 C
Medan
Tuesday, January 25, 2022
spot_img

Pejabat Taput Berbagi Tugas Cek Posko Desa, Bupati Turun ke Pedesaan

Taput, MISTAR.ID

Bupati Taput Nikson Nababan berbagi tugas dengan pejabat yang masuk kategori pimpinan di daerah itu, guna memonitoring posko-posko pencegahan Covid-19 di desa-desa yang tersebar di wilayah itu, Rabu (21/7/21).

Bupati Nikson Nababan sendiri kebagian tugas mengecek posko yang berada di wilayah Kecamatan Tarutung mulai dari Desa Parbaju Toruan, Desa Hapoltahan, Desa Hutatoruan, Desa Parbubu Pea dan desa lainnya.

Sementara Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat memimpin tim monitoring di Kecamatan Sipoholon, dan Dandim 0210/TU Letkol Czi Agus Widodo memimpin tim monitoring di Kecamatan Adiankoting.

Baca Juga:Bupati Taput Ingin Kehidupan Petani Lebih Baik

Sementara Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh bertugas memimpin tim di Kecamatan Pahae Julu, Kepala Kejaksaan Negeri Taput Muhammad Suroyo memimpin monitoring di Kecamatan Siborongborong dan Ketua Pengadilan Negeri Tarutung Golom Silitonga memimpin tim monitoring di Kecamatan Pagaran.

Sekretaris Daerah Kabupaten Taput Indra Simaremare memimpin tim monitoring di Kecamatan Muara dan sejumlah pejabat senior di jajaran Pemkab Taput juga ditugasi memonitoring posko desa di kecamatan lainnya.

Dilaporkan, Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di wilayah itu sehari sebelumnya telah memerintahkan seluruh kepala desa, segera mengaktifkan kembali posko desa dengan menerapkan protokol kesehatan meliputi kelengkapan tempat cuci tangan, pengukur suhu badan dan pengadaan buku daftar tamu.

Baca Juga:Bupati Taput Serahkan, Dana Hibah Rehabilitasi Sarana dan Prasarana Peribadatan

Menyusul keluarnya instruksi tersebut, Bupati Taput Nikson Nababan serta sejumlah pejabat turun ke lapangan mengecek kesiapan posko dan penerapannya.

Para pejabat yang memasuki desa menginstruksikan agar petugas posko mengecek setiap pendatang, pengecekan suhu tubuh, asal daerah, tujuan, kelengkapan surat sehat/bebas Covid-19, dan data lainnya untuk keamanan desa masing-masing. “Jangan lengah dan tetap bertugas setiap saat,” tandas Bupati Taput Nikson Nababan di Desa Parbaju Toruan, Kecamatan Tarutung.

Pada gerakan monitoringnya, bupati memberikan bantuan sembako kepada setiap posko yang dikunjungi, berupa telur satu papan, mie instan satu kardus, gula dan bubuk teh, serta bantuan vitamin bagi petugas posko.

Baca Juga:Covid-19 Melonjak, Pesta Adat Dilarang di Taput

Salah satu desa yang terpantau adalah Desa Simorangkir Habinsaran di Kecamatan Siatas Barita, segera menerapkan instruksi itu. Di sini, selain telah mengaktifkan posko, pihak pemerintah desa telah membagikan satu kotak masker kepada setiap kepala keluarga. “Setiap manusia yang memasuki kampung, telah kita wajibkan memakai masker, cek suhu dan cuci tangan,” kata Kepala Desa Hardi Saut Simorangkir.

Dilaporkan juga, desa ini telah membagikan makanan tambahan berupa susu khusus kepada pralansia sebanyak 50 orang dan lansia 90 orang. Untuk bayi usia 5 tahun ke bawah sebanyak 50 orang diberikan susu dan roti serta kepada ibu menyusui dan ibu hamil. (jan/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: