Nakes Toba  Terima Dosis Tahap Dua Vaksin Sinovac

Dosis tahap dua vaksin sinovac sudah mulai disuntik kepada nakes.(f,james/mistar)

Toba, MISTAR.ID

Penyuntikan tahap kedua, dosis sinovac bagi tenaga kesehatan (nakes) diseluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Toba, sudah dimulai sesuai jadwal sejak kemarin tanggal (22/2/21).

Penyuntikan itu, merupakan rangkaian dari pencanangan vaksinasi yang sudah dimulai pada tahap pertama dua pekan lalu bagi 986 nakes yang menjadi sasaran penerima vaksin, ditambah VVIP yakni unsur dari Forkopimda dan perwakilan masyarakat. Penyuntikan dosis tahap dua bagi VVIP sudah dilakukan pada, Jumat (19/2/21)  lalu.

Hal itu disampaikan Kasi Serveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Toba Tridarma Putra Simanjuntak, saat dikonfirmasi Mistar Selasa (23/2/21).

Baca Juga: Plh Bupati Toba Buka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi

Tridarma Putra Simanjuntak menerangkan bahwa sasaran penerima dosis vaksin sinovac pada tahap pertama adalah seluruh nakes yang ada diseluruh fasilitas kesehatan (faskes) sebanyak 986 orang, sesuai data yang diterima dari Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) sebanyak 1.411 sasaran.

Dari 986 jumlah sasaran penerima dosis pada tahap pertama dua pekan lalu, sebanyak 964 nakes telah berhasil menerima vaksin penangkal covid-19 itu, selanjutnya penyuntikan dosis tahap kedua telah dilakukan sejak kemarin, termasuk bagi nakes yang mendapatkan penundaan menerima vaksin pada tahap pertama dua pekan lalu, terang Tridarma.

Kepala Puskesmas Kecamatan Tampahan Drg Widya A Saragih, membenarkan, telah mulai melakukan penyuntikan dosis vaksin sinovac untuk tahap kedua. Jumlah sasaran penerima vaksin sebanyak 119 nakes, seabbyak 86 nakes sudah sukses menerima vaksin pada tahap pertama, 22 orang saat itu masih ditunda, sedangkan 11 orang dinyatakan batal menerima vaksin disebabkan mengalami penyakit penyerta, sebutnya.

Baca Juga: “Tahu Kuning Balige” Mengejar Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Faskes lain, Puskesmas Kecamatan Parsoburan juga sudah melakukannya, jumlah sasaran penerima sebanyak 63 nakes, pada tahap pertama yang sudah menerima vaksin sebanyak 43 nakes dan yang ditunda sebanyak 15 orang, sementara yang dinyatakan batal menerima vaksin sebanyak 5 orang, hari ini sudah dimulai penyuntikan dosis vakasin sinovac tahap dua, ujar Oswal Panjaitan selaku Kepala Puskesmas Parsoburan.(James/hm13)