32 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

Ketua Tim PKK Toba Ajak Warga Desa Simanobak Cegah Stunting

Toba, MISTAR.ID

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Toba, Rita Marlina Poltak Sitorus mengajak warga Desa Simanobak Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba bergotong royong untuk lingkungan bersih dan sehat, Rabu, (11/5/22).

“Rajinlah bertanam sayur-sayuran memanfaatkan areal pekarangan rumah kendatipun tidak terlalu luas, setidaknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,” ujar Rita Marlina.

Menurut dia, memanfaatkan lahan pekarangan untuk menghasilkan sayuran yang segar dan bebas pengawet, sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan anggota keluarga, khususnya bagi pertumbuhan anak sehingga terhindar dari masalah stunting.

Baca juga: Pemkab Toba Optimalkan Target Penurunan Angka Stunting

Menurut Wakil Sekretaris I TP PKK Toba Melati Silalahi stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama yang berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak, dimana tinggi badan anak tidak sesuai dengan usianya (kerdil).

Mencegah stunting, katanya harus memperhatikan tiga hal ini, yaitu pentingnya memperhatikan asupan makanan bergizi bagi ibu hamil, bayi dan balita terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kemudian pola asuh orang tua (life style) yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak dalam 1000 HPK. Ketiga adalah kesehatan lingkungan atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Penanggulangan stunting bukan hanya urusan dinas kesehatan, namun merupakan kerja bersama seluruh stakeholder termasuk PKK yang membutuhkan peran aktif dari seluruh masyarakat untuk bekerja dan maju bersama menuju Toba yang bebas stunting,” pungkas Melati Silalahi.

Sementara itu, Kepala Desa Simanobak Maruhum Sinambela sangat mengapresiasi kehadiran Tim TP PKK Kabupaten Toba. Dia berharap agar kedepannya sosialisasi ataupun
penyuluhan seperti ini dapat terus berkelanjutan sehingga Desa Simanobak dapat menjadi salah satu desa terbaik di Kabupaten Toba dalam pencegahan stunting. (james/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: