25 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

Hari Pahlawan di Tebing Tinggi: Jangan Sampai Terpecah Belah Oleh Perbedaan

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Kapolres Tebing Tinggi AKBP M Kunto Wibisono didampingi Wali Kota Tebing Tinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan mengikuti upacara Hari Pahlawan Nasional, Rabu (10/11/21) di Lapangan Sri Mersing Kota Tebing Tinggi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Dandim 0202 Letkol Kav Jackie Yudhantara. Ia mengucap syukur karena masih diberi kesempatan untuk melaksanakan upacara memperingati hari pahlawan. “Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-berkali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah selama kurun waktu 350 tahun. Namun selalu mengalami kegagalan,” kata Letkol Kav Jackie Yudhantara.

“Para pendiri bangsa ini menyadari, dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa se-tanah air. Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan). Kita terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:Hari Sumpah Pemuda, Wali Kota Medan: Bersama Kita Berantas Kemiskinan dan Kebodohan

Ia berharap bangsa Indonesia bisa lebih maju dari tahun sebelumnya. Membuktikan pada dunia, kalau bersatu bisa mewujudkan cita-cita para pahlawan. “Kita bukan bangsa yang lemah. Yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah. Secara bersama kita mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia,” ucapnya.

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, katanya, bisa menjadi contoh dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun. “Semangat, tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya. Yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku,” pungkasnya. (naz/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: