23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Gubsu Minta Daerah Bentuk Regu Pengendalian Kebakaran Hutan

Batu Bara, MISTAR.ID

Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes bertindak sebagai inspektur upacara (irup) apel kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Batu Bara, Jumat (12/8/22) di halaman Mapolres setempat.

Pada apel tersebut, Kapolres membacakan amanat Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang meminta meningkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam pelaksanaan tugas serta memahami tugas pokok dan peran masing-masing.

“Prioritaskan upaya pencegahan Karhutla melalui pemberian sosialisasi dan edukasi secara terus menerus kepada masyarakat,” pinta Gubsu sebagaimana disampaikan Kapolres Batu Bara.

Baca Juga:Karhutla di Danau Toba, Terduga Pelaku Tak Ditahan

Setiap daerah diminta Gubsu, membangun posko terpadu serta melaksanakan manajemen lapangan yang saling bersinergi dan terorganisasir dengan baik. Juga agar memanfaatkan teknologi untuk melakukan pemetaan dan monitoring di area rawan terjadinya Karhutla serta melakukan modifikasi cuaca.

Selanjutnya setiap daerah diinstruksikan memberdayakan potensi masyarakat dan perusahaan dengan membentuk regu pengendalian kebakaran hutan. Makukan patroli secara rutin untuk mengecek sarana prasarana penanggulangan Karhutla. Daerah juga diingatkan Gubsu agar memberikan solusi kepada masyarakat dan korporasi dalam pembukaan lahan.

Sedangkan apabila terjadi pelanggaran hukum, kepada APH diminta melakukan langkah-langkah penegakan hukum yang tegas kepada pihak yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Baca Juga:Karhutla Marak di Samosir, Bupati Minta Pelakunya Ditindak Tegas

Peserta upacara terdiri atas 1 pleton personel Kodim 02/08 AS, 1 pleton Satuan Sabhara Polres Batu Bara, 1 pleton perwakilan Bhabinkamtibmas dari polsek jajaran, 1 pleton gabungan Satreskrim, Satnarkoba dan Satuan Intelkam Polres Batu Bara.

Kemudian 1 pleton Satpol PP Kabupaten Batu Bara, 1 pleton BPBD, 1 pleton Tagana (Tanggap Bencana) Dinas Sosial Batu Bara, 1 pleton Dinas Kesehatan Batu Bara dan 2 pleton Damkar Batu Bara. (ebson/hm14)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: