22.8 C
Medan
Wednesday, October 20, 2021
spot_img

Cuaca Ekstrim, Warga Toba Diimbau Waspadai Pemicu Kebakaran

Toba, MISTAR.ID

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Toba, melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Gamelian Sihombing, mengimbau masyarakat Toba agar selalu mengantisipasi dan mewaspadai potensi pemicu terjadinya kebakaran.

Memastikan perabotan rumah misalnya, kompor masak, tabung gas elpiji, jaringan kabel arus listrik dan peralatan perabotan listrik lainnya, agar secara berkala diperiksa dan dipastikan dalam kondisi aman.

Hal itu disampaikan Gamelian Sihombing, Kamis (14/10/21), mengingatkan saat ini kondisi iklim secara umum di Kabupaten Toba sedang kemarau.

Baca Juga:Usai Divaksin, Sejumlah Personil Satpol PP Toba Ngantuk

Oleh karenanya, dia mengimbau masyarakat agar peka dan waspada mengantisipasi timbulnya potensi kebakaran baik di rumah, lingkungan maupun kawasan kebun atau hutan.

“Akibat lingkungan dan material lainnya yang kering, percikan api yang memantik potensi api, misalnya puntung rokok dan sisa-sisa api pembakaran sampah harus diwaspadai,” sebutnya.

Dia menyarankan, agar janganlah membakar sampah disaat musim kemarau. Gamelin berharap, untuk segera menghubungi call center Damkar Toba untuk pelayanan bantuan jika terjadi kebakaran.

Baca Juga:Tingkatkan Displin, Satpol PP Toba Gelar Apel Pagi dan Sore

Dalam dua pekan belakangan ini, terjadi kebakaran pokok bambu dan kebun di beberapa kecamatan di Toba. “Hal seperti itu kiranya menjadi antisipasi ke depannya,” ujarnya.

Melalui pemerintah kecamatan dan desa, Satpol PP Toba berharap untuk saling mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap berjaga-jaga dan waspada.

“Kami mohonkan agar jangan melakukan pembakaran sampah maupun semak di kebun yang bepotensi menimbulkan terjadinya kebakaran luas, hingga dapat merembes kepemukiman warga. Mari kita tetap menjalin kerja sama tentang hal itu,” tutur Gamelian.(james/hm10)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,500FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: