30 C
Medan
Saturday, July 24, 2021

Bupati/Wakil Bupati Madina dan Labusel Dilantik

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi Nasution serta Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) Edimin-Ahmas Padly Tanjung, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Kamis (22/7/21). Kedua pasangan kepala daerah ini merupakan kepala daerah terpilih hasil Pilkada tahun 2020.

Dalam arahannya, Edy meminta kedua pasangan kepala daerah ini untuk bisa akur dalam memimpin daerahnya. Seringkali kata Edy, setelah tiga bulan dilantik, Bupati dan Wakil Bupati justru mulai tak akur. “Tak boleh itu. Akrablah, akurlah. Kalau tak akur, tuhan tak memberkati,” sebutnya.

Menurutnya, ketidakharmonisan pasangan kepala daerah seringkali disebabkan oleh ego.
“Kalau saya bilang tidak 80 persen, 95 persen itu ego. Yang satu ego pemimpin yang satu tak terima itu dipimpin. Kalau diikuti itu tak akan pernah selesai karena nafsu selalu ada di masing-masing orang. Tapi kalau diikuti dengan benar-benar tugas untuk melakukan kesejahteraan rakyat pasti beres,” paparnya.

Baca juga: Pelantikan Pejabat di Kabupaten Dairi Tegang, Wakil Bupati Protes

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Madina Jakfar Sukhairi Nasution dan Atika Azmi Utammi memenangkan Pilkada Madina setelah mengalahkan Bupati petahana Dahlan Hasan Nasution yang berpasangan dengan Aswin setelah pemungutan suara ulang (PSU) 3 TPS di Madina.

Berdasarkan rekapitulasi KPU pasca PSU, pasangan nomor urut 1 Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi meraih suara terbanyak dengan perolehan 79.156 suara. Pasangan ini unggul dari perolehan suara Bupati petahana Dahlan Hasan Nasution yang berpasangan dengan Aswin yang memperoleh 79.002 suara. Hasil rekapitulasi oleh KPU ini sempat digugat kembali ke MK oleh Dahlan-Aswin, namun MK menolak gugatan tersebut.

Baca juga: Kemendagri: Pelantikan Pemenang Pilkada yang Tak Bersengketa di MK Pekan Keempat Februari

Sementara Edimin-Ahmad Padly berhasil menang mutlak dengan mengalahkan pasangan Hasnah Harahap-Kholil Jufri Harahap. Berdasarkan penetapan KPU Labusel pasca PSU, pasangan nomor urut 1 Nurdin Siregar-Husni Rizal Siregar meraih 8.121 suara, lalu pasangan nomor urut 2 H Edimin-Ahmad Padli Tanjung meraih 65.793 suara sementara pasangan Hasnah Harahap-Kholil Jufri Harahap meraih 65.422 suara. Lalu pasangan Mangayat Jago Ritonga-Jon Abidin Ritonga meraih 11.056 suara, serta pasangan Maslin Pulungan-Fery Andika Dalimunthe meraih 4.730 suara.

Hasil rekapitulasi ini sempat digugat ke MK oleh Hasnah-Kholil, namun MK menolak gugatan itu dan mengesahkan penetapan hasil oleh KPU. (Iskandar/hm06).

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
2,870FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

%d bloggers like this: