30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Bupati Humbahas Serahkan 225 Sertifikat Tanah kepada Masyarakat

Humbahas, MISTAR.ID

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor menyerahkan 225 sertifikat tanah kepada masyarakat, Kamis (31/3/22) di Kecamatan Baktiraja. Sertifikat yang diserahkan itu merupakan sertifikat hak atas tanah hasil kegiatan dan Food Estate (FE) 2021.

Dosmar mengatakan, sertifikat yang diserahkan tersebut adalah untuk masyarakat Kecamatan Baktiraja, Kecamatan Polung dan Kecamatan Lintong Nihuta. Selain itu, sebagaimana disampaikan oleh Kepala BPN ada 5.000 bidang alokasi sertifikat di Humbang Hasundutan yang biayanya dari Pemerintah Pusat atau gratis.

“Oleh karena itu kepada seluruh masyarakat Humabahas yang ada di 153 desa ditambah 1 kelurahan, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk mensertifikatkan tanah kita,” imbau Dosmar.

Baca Juga:Pemerintah Targetkan Sertifikat Tanah Tuntas Tahun 2026

Ada 116.000 ha tanah di Humbahas yang bisa disertifikatkan, tetapi per hari ini sudah 30 % lebih yang sudah disertifikatkan. “Dengan sertifikat, permasalahan perbatasan tanah hak milik tidak lagi jadi persoalan,” katanya.

“Menanggapi informasi masyarakat tentang adanya perbedaan sertifikat tanah di Food Estate dengan lainnya, itu tidak ada,” tambahnya.

Untuk itu, ia berharap, agar penerima sertifikat yang diterima bisa menjaga dengan baik. Dan, bisa juga mengutamakan pertanian. Berupa, kepemilikan sertifikat tersebut juga berarti membuka akses permodalan ke perbankan apabila di antara para penerima ada yang ingin menggunakannya sebagai agunan.

Baca Juga:Jangan Mudah Percayakan Sertifikat Tanah ke Orang Lain!

“Dengan sertifikat di tangan kita, saat ini sudah bisa diagunkan ke bank untuk modal pertanian dengan KUR 6%,” katanya.

Sementara, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumban Gaol menambahkan, sebagai wakil masyarakat menyampaikan terimakasih kepada pemerintah, dan mengajak masyarakat agar mentaati pemerintah terutama dalam membayar pajak.

Hadir pada penyerahan sertifikat ini Sekda Tonny Sihombing, Kepala BPN Humbahas Saut Simbolon, anggota DPRD, mewakili Kapolres dan mewakili Dandim 0210/TU serta Kepala OPD. (dedy/hm12)

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Melebihi HET, Harga Gas Subsidi 3 Kg di Dairi Rp25 Ribu...

Sidikalang, MISTAR.ID Penjualan tabung gas subsidi 3 Kg di Dairi dijual jauh di atas harga eceran tertinggi (HET). Bila HET yang ditetapkan Pemkab Dairi antara...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: