30 C
Medan
Saturday, July 24, 2021

BMKG: Waspadai Angin Kencang yang Bersifat Panas dan Kering

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai angin kencang yang bersifat panas dan kering dalam periode 19 Juli hingga 25 Juli 2021.

“Kondisi itu diprediksi akan terjadi di wilayah Langkat, Karo, Deli Serdang, Medan, Tapsel, Padangsidimpuan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Padang Lawas Utara,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto, Kamis (22/7/21).

Hartanto menjelaskan, berdasarkan monitoring kondisi dinamika atmosfer, monsoon barat daya (angin baratan) mulai menguat dengan kecepatan berkisar antara 10 – 30 Knot. Masa udara yang melewati wilayah Sumut relatif kering dengan kelembaban berkisar antara 40 – 90%.

Baca juga: Bertambah 11, BMKG Temukan 42 Titik Panas di Sumut Hari Ini

“Hal ini menyebabkan pertumbuhan awan tidak signifikan sehingga dalam beberapa hari ke depan wilayah Sumatera Utara diprediksi umumnya cerah berawan,” katanya.

Hartanto menyebutkan, suhu udara rata-rata di wilayah Sumut diprediksi cukup panas, khususnya di wilayah dataran rendah, pantai dan perkotaan dengan suhu berkisar antara 26 – 36⁰ C. Sementara, untuk wilayah pegunungan dan dataran tinggi berkisar antara 18 – 27⁰ C.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Hujan Deras dan Badai Guntur Landa Wilayah Sumut

Atas kondisi ini, Hartanto meminta masyarakat agar bijak menggunakan api yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan, lahan dan pemukiman. Masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan agar menjaga kesehatan akibat kondisi yang panas dan kering.

“Sementara untuk lara pengendara berhati-hati terhadap angin kencang yang dapat membahayakan dalam berkendara,” pungkasnya. (ial/hm06)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
2,870FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

%d bloggers like this: