23.9 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

BKSDA Sumut Terima Seekor Lutung Kelabu Hasil Penyerahan Warga

Medan, MISTAR.ID

Seorang warga kembali menyerahkan satwa liar yang dilindungi ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut).

Kulidah Nainggolan, warga Jalan Veteran Marelan Pasar X Desa Menunggal Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang, menyerahkan seekor Lutung Kelabu (Trachypithecus Cristatus), Jumat (22/10/21).

Humas BKSDA Sumut Handoko Hidayat mengatakan, Kulidah mengaku satwa dilindungi tersebut diperoleh dari rekan kerja suaminya di Penyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sekitar 6 tahun yang lalu.

Baca Juga:Peduli Kelestarian Satwa, Warga Medan Serahkan Tuntong Laut ke BKSDA Sumut

“Lutung itu pun dirawat oleh Kulidah dengan penuh kasih sayang,” ujarnya, Senin (25/10/21).

Setelah mendapat informasi bahwa Lutung Kelabu merupakan jenis satwa yang dilindungi, sebut Handoko, Kulidah kemudian menghubungi Bobby dari Sumeco lembaga mitra Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang peduli dengan satwa liar.

Petugas BKSDA Sumut melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat pada Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, didampingi lembaga mitra Sumeco dan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Center (YOSL-OIC) segera menuju lokasi dan melakukan tindakan evakuasi.

Baca Juga:BKSDA Sumut Terima 6 Individu Siamang dari BKSDA Jakarta

Handoko menyebutkan, Lutung Kelabu berusia 6 tahun berkelamin jantan yang terlihat sehat itu kemudian dititipkan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit.

“Selanjutnya akan diperiksa kesehatannya dan dirawat serta direhabilitasi, sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitat alaminya,” jelas Handoko.(ial/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: