26.8 C
Medan
Monday, August 15, 2022
spot_img

BKSDA Sumut Terima 2 Ekor Elang dari Warga Padangsidimpuan

Medan, MISTAR.ID

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara menerima penyerahan dua ekor satwa liar dilindungi masing-masing satu ekor Elang Laut (Haliaeetus) dan satu ekor Elang Ular (Spilornischeela).

“Dua satwa dilindungi itu kita terima dari Gunanda Wahyudi warga Padangsidimpuan pada Rabu 27 Juli 2022,” ujar Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BKSDA Sumut Andoko Hidayat, Minggu (31/7/22).

Andoko mengatakan, dalam keterangannya kepada petugas, Gunanda mengaku kalau kedua elang itu dia dapat dari salah satu areal perusahaan kebun sawit yang tak jauh dari kediamannya. Setelah dirawat selama 3 bulan dan mengetahui satwa tersebut dilindungi, Gunanda kemudian menyerahkannya kepada petugas.

Baca Juga:Hendak Dikonsumsi, Elang Bondol Ditebus Warga Karo dan Diserahkan ke BKSDA Sumut

“Saat ini kedua satwa dilindungi itu telah kita evakuasi dan kita titipkan ke kandang transit kantor Seksi Konservasi Wilayah III Sipirok untuk mendapat perawatan dan rehabilitasi,” sebutnya.

Andoko menambahkan, sehari sebelumnya pihaknya juga menerima satu ekor satwa liar dilindungi jenis Elang Brontok (Nisaetus ciirrhatus) dari Jese Gultom, warga Desa Parlombuan, Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara.

Dalam keterangannya kepada petugas, Jese menjelaskan satwa tersebut dalam keadaan lemah ditemukannya di ladang/kebun milik dia dan sudah dirawatnya selama kurang lebih tiga bulan.

Baca Juga:BKSDA Sumut Evakuasi Satu Individu Orangutan dari Areal Perkebunan di Langkat

Melalui Kelompok Tani (KT) Rahutbosi binaan Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, Jese Gultom yang tahu jika satwa itu dilindungi kemudian dengan besar hati menyerahkannya kepada petugas.

“Setelah dicek, Elang Brontok yang terlihat sehat dan masih memiliki sifat liar kemudian kita lepasliarkan ke Hutan Lindung Dolok Saut,” tukasnya. (ial/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: