23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Bawaslu Sumut Sinkronkan Data 16.757 Pemilih yang Dicoret KPU

Medan, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut akan mensinkronkan data 16.757 pemilih yang dicoret KPU dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Penegasan tersebut disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang terkait pencoretan sebanyak 16.757 pemilih dari DPT oleh KPU Sumut karena dianggap tidak memenuhi ayarat (TMS) sebagai pemilih.

Suhadi mengatakan, mereka akan berkoordinasi dengan Bawaslu kabupaten/kota untuk menyingkronkannya setelah menerima data resmi dari KPU. Sejauh ini Bawaslu Sumut belum menerima data 16.757 pemilih yang dihapus oleh KPU tersebut.

Baca Juga:Bawaslu Sumut Mulai Buka Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024

“Namun intinya, jika kita telah menerima data belasan ribu pemilih yang disebutkan KPU bahwa tidak memenuhi syarat tersebut, Bawaslu segera mensinkronkannya,” jelas Suhadi, Jumat (12/8/22).

Intinya, kata Suhadi, Bawaslu tetap bekerja secara profesional demi terwujudnya data pemilih yang berkualitas.

“Kita tetap bekerja profesional dengan menggandeng seluruh stakeholder yang ada demi terwujudnya pemilihan yang berkeadilan. Bersama rakyat, awasi Pemilu. Bersama Bawaslu, tegakkan keadilan Pemilu,” pungkasnya.

Baca Juga:Bawaslu Sumut Ingin Hasil Pengawasan Pilkada Menjadi Objek Penelitian Ilmiah di Kampus

Sebelumnya, 16.757 pemilih TMS dicoret oleh KPU Provinsi Sumut. Dari jumlah tersebut, paling banyak TMS ialah pemilih ganda sebanyak 10.961.

Kemudian disusul oleh pemilih yang meninggal dunia sebanyak 3.329, pemilih pindah keluar 1.912, pemilih tidak dikenal 533, pemilih bukan penduduk 13 dan pemilih dengan kategori TNI/Polri sebanyak 9 orang.

Pencoretan ini merupakan hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang saat ini dilakukan KPU. (iskandar/hm14)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: