12.8 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

3817 Surat Suara Sudah Dicetak, KPPS untuk PSU 16 TPS di Labusel Dilantik

Medan, MISTAR.ID

Pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) dalam Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) dijadwalkan berlangsung, Senin (12/4/21).

Sebanyak 16 tempat pemungutan suara (TPS) di Labusel akan melaksanakan PSU sesuai perintah Mahkamah Konstitusi (MK) dalam putusan sengketa Pilkada Labusel. “Hari ini pelantikan Ketua KPPS,” kata Ketua KPU Labusel Ependi Pasaribu, Senin (12/4/21).

Pelantikan KPPS ini akan dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) atasnama KPU. PPS di tingkat desa dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebelumnya telah dilantik oleh KPU Labusel pada, Sabtu (10/4/21) lalu.

Ada 7 orang anggota KPPS di setiap TPS ditambah dua orang petugas keamanan TPS. “Hari ini sekalian pelaksanaan rapid test untuk semua badan adhoc dan sekretariat,” jelasnya.

Baca Juga:Tak Ada Kampanye, Ini Tahapan Pemungutan Suara Ulang di 3 Kabupaten di Sumut

Sementara itu, terkait logistik surat suara untuk PSU, Ependi mengatakan mereka telah menerima sebanyak 3817 surat suara dari perusahaan pencetak untuk PSU 24 April mendatang. Jumlah surat suara tersebut sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh) ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

“Hari Sabtu, 10 April 2021 sudah kita terima (surat suara) di gudang KPU Labusel,” paparnya. Untuk pelaksanaan PSU 16 TPS di Labusel ini, KPU mengajukan anggaran sebesar Rp1,04 miliar.

PSU di Labuhanbatu Selatan akan menjadi pertarungan akhir dua pasang calon peraih suara terbanyak yang bersengketa di MK yakni pasangan Hasnah Harahap-Kholil Jufri Harahap melawan pasangan Edimin-Ahmad Padli Tanjung.

Berdasarkan rekapitulasi KPU sebelum perintah PSU, pasangan Hasnah Harahap-Kholil Jufri Harahap meraih 65,429 suara (42,11 persen) sementara pasangan Edimin- Ahmad Padli Tanjung meraih 66,007 (42,48 persen).

Baca Juga:Pemungutan Suara Ulang Serentak Digelar 24 April 2021 di 3 Kabupaten di Sumut

Hasnah Harahap merupakan istri Bupati Labusel dua periode (2011-2021) Wildan Aswan Tanjung. Di Pilkada 2020, Hasnah menggandeng Wakil Bupati periode 2016-2021 Kholil Jufri Harahap.

Sementara lawannya Edimin dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di Labusel. Hasnah-Kholil diusung oleh koalisi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Perindo, Gerindra, dan PPP dengan jumlah keterwakilan 22 kursi di DPRD.

Sementara, Edimin-Ahmad Padli diusung oleh koalisi PDI Perjuangan dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan total 10 kursi DPRD.(iskandar/hm10)

Related Articles

Latest Articles