15.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Liga Inggris: Kalahkan Leicester, Manchester City Puncaki Klasemen

London, MISTAR.ID

Manchester City meraih kemenangan tipis 1-0 di markas Leicester City. Gol tendangan bebas ciamik dari Kevin de Bruyne menjadi satu-satunya pembeda.

Laga Leicester City vs Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris berlangsung di King Power Stadium, Sabtu (29/10/22) malam WIB. Tim tamu langsung mendominasi permainan sejak kick-off, tapi Leicester bertahan dengan rapi dan mampu menahan skor 0-0 di babak pertama.

Man City memulai babak kedua dengan agresif dan berbuah gol Kevin de Bruyne pada menit ke-49. Leicester kemudian berhasil keluar dari tekanan dan beberapa kali mengancam, namun penyelesaian akhir yang buruk membuat peluang terbuang.

Kemenangan ini mengantarkan Manchester City ke puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan 29 poin dari 12 laga, satu poin di depan Arsenal yang baru bermain 11 kali. Leicester City tertahan di urutan 17 dengan 11 poin.

Baca Juga:Liverpool vs Man City: Misi Kebangkitan Si Merah?

Manchester City langsung berupaya mendominasi pertandingan selepas sepak mula. Pada menit ke-10, mereka membangun serangan di kiri dan Joao Cancelo mengirim umpan silang yang disundul Ilkay Guendogan. Namun bola melambung dan terlampau lemah.

Berawal dari sepak pojok, Man City menciptakan peluang lain dua menit berselang. Jack Grealish mengoper pendek ke Kevin de Bruyne, yang kemudian melepas umpan lambung ke kotak penalti. Rodri menyundulnya ke arah gawang dan ditip saja oleh Danny Ward.

Intensitas serangan meningkat dari Man City. Menit ke-15, Julian Alvarez lolos dan menerima umpan terobosan De Bruyne, tapi tembakannya bisa diblok kiper. Belakangan hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Ancaman lain buat tuan rumah di menit ke-17. Kali ini Bernardo Silva yang melakukan percobaan dan tendangannya dihalau oleh kiper.

Serangan balik dari Leicester pada menit ke-24. Jamie Vardy memimpin serangan lalu mengarahkan bola ke Harvey Barnes di kiri. Barnes menusuk ke tengah, menimbang opsi, lalu menembak dan tendangannya masih bisa dihalau Ederson.

Baca Juga:Chelsea dan Man City Gagal Menang, Berikut Klasemen Liga Inggris

Man City membangun serangan dari kanan pada menit ke-28 lewat aksi De Bruyne. Ia bertukar umpan dengan Alvarez lalu melepaskan tembakan keras yang mengarah tepat ke kiper. Leicester kembali melakukan tusukan ke belakang pertahanan Man City di menit ke-36 lewat Barnes. Ia bergerak ke tengah namun tembakannya melambung jauh.

Pada menit ke-44, Bernardo lolos di kanan dan mengarahkan umpan lambung ke tiang jauh. Cancelo mencoba menyambutnya dan mengoper ke tengah, tapi dipotong bek Leicester. Sepak pojok tak menghasilkan apapun. Babak pertama tuntas tanpa gol.

Man City langsung menggebrak di babak kedua. Umpan terobosan De Bruyne diselamatkan Bernardo dan diteruskan dengan umpan untuk Rodri. Tapi sepakan Rodri cuma bergulir ke samping gawang.

Man City memimpin pada menit ke-49, dari tendangan bebas setelah Grealish dilanggar Nampalys Mendy. De Bruyne mengambil peluang itu dan sepakannya menyasar pojok kiri atas gawang, mengenai tiang bagian dalam, lalu masuk ke gawang.

Baca Juga:Man City Amankan Tiket ke Semifinal Setelah Singkirkan Atletico

Leicester nyaris langsung merespons pada menit ke-53. Korner dari Maddison diarahkan ke depan kotak penalti, di mana bola disambar tembakan voli first time dari Youri Tielemans. Tendangannya meluncur deras, ditepis Ederson, dan bola kemudian membentur mistar gawang untuk kembali ke area permainan.

Man City mendesak Leicester dengan agresif selepas unggul. Alhasil tuan rumah kesulitan mengembangkan permainan dan upaya membangun serangan kerap terpatahkan dengan cepat.

Leicester membuang peluang bagus pada menit ke-77. Setelah Wout Faes berhasil memotong serangan Man City, bola dialirkan lewat tengah dan Maddison menyodorkan bola ke Kelechi Iheanacho yang dalam posisi bebas. Namun penyelesaian dari Iheanacho cuma melebar ke kiri.

Leicester mendapatkan tendangan bebas pada menit ke-83. Maddison mengirim umpan deras ke tengah kotak penalti Man City dan disambar Timothy Castagne, namun sundulannya melebar.

Baca Juga:Savic Nilai Man City Salah Satu Tim Terkuat di Liga Champions

Peluang lain buat tuan rumah di menit ke-86. Leicester menyerang cepat dari kanan, dengan Iheanacho melepaskan umpan lambung ke Patson Daka yang berdiri bebas. Sundulan Daka tepat ke arah Ederson.

Tekanan dari Leicester datang lagi dua menit berselang, saat mereka merebut bola di dekat kotak penalti Man City. Iheanacho menggiring bola dan mencoba menembak, masih terlampau lemah buat mengancam Ederson.

Hampir Man City membuat gol bunuh diri pada masa injury time. Umpan lambung Tielemans disundul John Stones dan mengenai kepala Ruben Dias, lalu berakhir di samping gawang. Sampai peluit panjang berbunyi, tak ada lagi gol lain tercipta. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles