15.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Guardiola Nilai Xavi Sudah Siap Latih Barcelona

Manchester, MISTAR.ID

Langkah Barcelona yang hendak mengangkat Xavi Hernandez sebagai pelatih baru mendapat dukungan dari Pep Guardiola. Pelatih 41 tahun tersebut dinilai sudah siap untuk mengemban tanggung jawab melatih klub besar.

Xavi dilaporkan sudah setuju untuk melatih Barcelona, menggantikan Ronald Koeman yang dipecat pada Kamis (28/10/21) pagi WIB lalu. Ia kini sedang dalam proses pemutusan kontrak dengan Al Sadd, klub Liga Qatar yang sudah dilatihnya selama dua tahun terakhir.

Jika penunjukan ini terealisasi, maka Xavi akan mengikuti jejak Guardiola sebagai pemain jebolan La Masia yang kemudian bermain di Barcelona dan akhirnya menjadi pelatih. Guardiola, saat ditanya mengenai rumor Xavi, menilai mantan anak asuhnya itu sudah siap melatih Barcelona.

Baca Juga:Kekhawatiran Guardiola Jelang Laga Man City vs Tottenham

“Xavi, jika benar-benar terjadi, saya tidak akan meragukan kesiapannya mengambil pekerjaan itu. Dia sudah tahu lingkungannya, dan itu hal yang penting,” ujar Guardiola, dikutip Marca.

“Dia paham sepakbola, dia punya gairah akan hal itu. Dia lebih berpengalaman ketimbang saat saya ditunjuk dulu (melatih Barcelona pada 2008). Koeman, Sergi (Barjuan, caretaker Barcelona), Xavi, dan saya tahu kalau kesuksesan tim bergantung pada rekrutmen dan para pemain,” lanjutnya.

“Orang-orang sering lupa, kami (pelatih) memang bertanggung jawab, tapi pengaruhnya lebih kecil dari yang orang percaya. Saya bisa sukses karena kualitas pemain yang saya punya. Xavi, jelas, dia pelatih bagus. Jika Xavi menjadi pelatih Barcelona berikutnya, saya berharap dia bisa sukses, dan semoga tim bisa bangkit secara perlahan,” jelas Guardiola lagi.

Baca Juga:Xavi Hernandez Terpilih Jadi Pelatih Barcelona

Guardiola juga bersimpati kepada Koeman, rekan setimnya dulu yang harus kehilangan jabatan di Barcelona. Ia yakin pria asal Belanda itu akan bangkit.

“Ronald dan saya tahu, pekerjaan kami itu bergantung pada hasil. Tak ada yang bisa selamat tanpa hasil bagus. Koeman tak bisa, saya pun tak bisa. Dia teman saya. Semoga dia sukses dan semoga saya bisa bertemu dia lagi sesegera mungkin. Saya yakin dia sudah melakukan pekerjaan bagus untuk para pemain muda dari akademi,” pungkasnya. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles