27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Arsenal Bertarung di Zona Degradasi

Manchester, MISTAR.ID

Menghadapi musim baru Liga Inggris, Arsenal semula menjadi salah satu tim yang paling optimistis. Setelah 14 pekan berlangsung, mereka justru berada dalam posisi jatuh bangun yang sangat menyakitkan.

Arsenal bisa jadi merupakan tim yang paling percaya diri di awal musim. Mereka memenangkan Piala FA musim lalu dan kemudian merebut trofi Community Shield. Mereka adalah tim yang berhasil mengangkat dua trofi juara di bulan Agustus.

The Gunners kemudian makin tertawa riang karena menjalani dua laga awal Liga Inggris dengan kemenangan atas Fulham dan West Ham United. Pierre Emerick Aubameyang juga memperpanjang kontrak dan Willian tampil mempesona di laga perdana.

Arsenal sempat kalah dari Liverpool di pekan ketiga Liga Inggris, namun sukses balas dendam dengan menyingkirkan Liverpool dari ajang Piala Liga. Arsenal kalah dari Manchester City dan Leicester City tetapi kemudian berhasil mencuri kemenangan saat melawan Manchester United.

Baca Juga: Arsenal Ditahan Imbang Southampton 1-1

Catatan itu membuat Arsenal mengumpulkan 12 poin dari tujuh pertandingan. Sejatinya jumlah tersebut cukup lumayan meski tak bisa dibilang istimewa, mengingat jadwal berat yang dijalani ‘The Gunners’ di awal musim. Namun petaka justru datang di tujuh laga berikutnya.

Di saat Arsenal seharusnya bisa meraup banyak poin mengingat sejumlah lawan memiliki kualitas di bawah mereka, tim asal London Utara tersebut justru terlilit dalam krisis.

Arsenal hanya sanggup meraup dua poin dari 21 poin maksimal yang bisa didapat oleh mereka. Di luar Tottenham Hotspur dan Everton, tim macam Burnley, Wolverhampton, dan Aston Villa juga bisa pulang dengan tiga poin dari laga lawan Arsenal.

Baca Juga: Gol Bunuh Diri Emerick Aubameyang Hancurkan Arsenal

“Mikel Arteta adalah sang penyelamat. Ia adalah sosok terpilih untuk mengangkat performa Arsenal.”

Hal itulah yang mengapung ketika Arteta resmi jadi pelatih Arsenal. Pengalaman menjadi asisten Pep Guardiola diyakini bakal jadi sumber kekuatan utama Arteta. Bahkan banyak pula yang meyakini justru Guardiola yang tidak akan berdaya tanpa Arteta.

Namun menilik tujuh laga terakhir di Liga Inggris, pendukung Arsenal hanya bakal sanggup mengelus dada.

Di luar serangkaian kekalahan, hal lain yang patut dicemaskan adalah Arsenal hanya mampu mencetak tiga gol dari tujuh pertandingan. Hal itu berarti sistem penyerangan Arsenal saat ini tengah bermasalah.

Baca Juga: Berkat Aubameyang, Arsenal Tinggalkan City Menuju Final Piala FA

Aubameyang yang diyakini jadi mesin gol dan kapten Arsenal malah tampil melempem setelah memperpanjang kontrak musim ini. Willian tidak berdaya dan bahkan dianggap tak layak untuk diberi kepercayaan selama 90 menit.

Barisan gelandang Arsenal minim kreativitas sedangkan lini belakang hanya tampil seadanya tanpa memberikan rasa aman.

Dikutip dari Opta, catatan 14 poin dalam 14 pekan merupakan yang terburuk di era Premier League. Bahkan bila sistem dua poin dikonversi menjadi tiga poin, catatan musim ini adalah yang terburuk sejak musim 1974/1975.

Sebagai pelatih, Mikel Arteta tentu memegang tanggung jawab penuh. Pertanyaan pun terus mengemuka ke Arteta seiring performa jeblok Arsenal, termasuk keputusan meninggalkan Mesut Ozil dari daftar skuad The Gunners saat ini.

Namun mirisnya, pemecatan Arteta tidak akan serta-merta menuntaskan masalah yang ada dalam tubuh Arsenal saat ini. Setiap pemain Arsenal yang rutin mendapat menit bermain punya tanggung jawab yang sama.

Terlihat dari laga lawan Everton, Arsenal miskin kreativitas dan tidak banyak memberikan ancaman berbahaya. Gol yang didapat Arsenal hanya berasal dari titik penalti.

Barulah di menit-menit akhir pertandingan Arsenal seolah bergerak mempertaruhkan nyawa mereka untuk mendapatkan poin di laga tersebut.

Bertarung di zona degradasi. Kondisi itu tentu merupakan penurunan drastis dan berjenjang yang dialami oleh Arsenal dalam satu dekade terakhir.

Setelah hanya dianggap tim spesialis empat besar tanpa bisa juara, Arsenal lalu mulai kehilangan jatah Liga Champions. Kini, Arsenal justru ditawarkan medan pertarungan baru yaitu pertarungan menghindari degradasi.

The Gunners saat ini berada di posisi 15 klasemen sementara Liga Inggris dengan 14 poin. Arsenal hanya terpaut empat poin dari Burnley yang berada di zona degradasi.

Arsenal jelas berada dalam kondisi sakaratul maut dan butuh penanganan tepat bila ingin tetap kembali hidup untuk sekadar melanjutkan sisa musim Liga Inggris 2020/2021 setidaknya di papan tengah.

Bayangan Arsenal berada di zona degradasi di akhir musim jelas sulit dipercaya, tetapi tren Arsenal gagal menang dalam tujuh laga terakhir membuat pendukung Arsenal harus percaya bahwa tim kesayangan mereka tengah berada di jalur yang tak mereka inginkan tersebut.(CNN/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles