14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Petenis Legendaris Roger Federer Umumkan Pensiun

Basel, MISTAR.ID

Petenis legendaris Roger Federer mengumumkan akan pensiun akhir bulan ini. Penampilannya di Laver Cup akan menjadi yang terakhir di turnamen ATP. Federer mengumumkan akan gantung raket setelah tampil di Laver Cup, yang dijadwalkan berlangsung 23-25 September mendatang.

Atlet 41 tahun itu akan mengakhiri perjalanannya di tenis level top setelah 24 tahun. Petenis asal Swiss tersebut sudah absen di kompetisi top sejak Wimbledon 2021 silam. Operasi lutut yang ketiga kalinya memaksanya menepi dan kini memutuskan pensiun.

“Pesan dari tubuh saya belakangan ini sudah jelas. Saya sudah memainkan lebih dari 1.500 pertandingan selama lebih dari 24 tahun,” ungkap pernyataan resmi Federer. “Sekarang saya harus menyadari kapan waktunya untuk mengakhiri karier kompetitif. Kepada tenis, saya mencintaimu dan tak akan pernah meninggalkanmu,” imbuhnya.

Baca juga: ATP Finals 2019, Federer Kalah Djokovic Menang

Salah satu petenis tersukses di dunia, Federer memenangi 20 titel Grand Slam. Hanya Rafael Nadal (22) dan Novak Djokovic (21) yang mengoleksi lebih banyak gelar tertinggi tenis itu.

Roger Federer melakukan debutnya pada usia 16 tahun pada 1998 silam. Ia lantas memenangi Grand Slam pertamanya di Wimbledon 2003 dan masih memegang rekor titel terbanyak di era open turnamen tersebut dengan delapan kali juara.

“Ini adalah keputusan yang pahit karena saya akan merindukan semua yang telah diberikan oleh Tour. Tapi pada saat yang sama, ada begitu banyak hal untuk dirayakan,” ungkap Federer.

“Saya menganggap diri saya salah satu orang paling beruntung di dunia. Saya diberikan sebuah talenta spesial untuk bermain tenis dan saya melakukannya di level yang saya tak pernah bayangkan akan berjalan lebih lama dari yang saya pikir mungkin wujudkan,” imbuhnya. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles