14.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Maverick Vinales Juarai MotoGP Qatar 2021

Doha, MISTAR.ID
Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales tampil sebagai pemenang dalam gelaran MotoGP Qatar 2021 di Sirkuit Losail. Kemenangan Vinales ini sebenarnya cukup mengejutkan, karena pada awalnya Ducati diprediksi yang bakal mendominasi.

Sebanyak tiga pebalap Yamaha sebenarnya mengisi posisi kedua hingga keempat di starting grid MotoGP Qatar 2021, yaitu Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi. Akan tetapi, mereka melakukan start dengan buruk.

Kondisi tersebut lantas dimanfaatkan oleh para pebalap Ducati yang ada di belakang mereka. Johann Zarco, Jack Miller, dan Jorge Martin, langsung menyodok hingga menempati posisi kedua sampai keempat. Sedangkan pimpinan balapan adalah Francesco Bagnaia yang juga dari Ducati.

Alhasil, pebalap Ducati dari Tim Pramac Racing, Johann Zarco dikalahkan pebalap Yamaha Maverick Vinales pada seri perdana MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar pada Senin (29/3/21) dini hari. Meski begitu, rider berusia 30 tahun tersebut tetap senang karena dia berhail naik podium.

Baca Juga:Hasil FP3 MotoGP Qatar: Morbidelli Tercepat, Rossi Terpuruk

Vinales dan Quartararo secara berurutan sempat menduduki posisi ketiga dan keempat. Akan tetapi, saat balapan menyisakan 11 lap lagi, Quartararo tak bisa mempertahankan tempatnya. Ia disalip oleh Jack Miller dan Alex Rins sehingga harus mundur ke posisi keenam.

Sementara itu, Valentino Rossi justru mundur semakin jauh. Meski The Doctor memulai balapan dari posisi keempat, namun seiring berjalannya balapan ia malah disalip oleh pebalap lain. Saat menyisakan sembilan lap, Valentino Rossi ada di urutan ke-15.

Kembali ke jajaran terdepan, terjadi persaingan sengit antara Vinales dengan Bagnaia untuk memperebutkan posisi pertama. Saat tersisa delapan lap, Vinales akhirnya berhasil menyalip Bagnaia di tikungan dan mengambil alih pimpinan balapan.

Di sisi lain, pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, secara perlahan tapi pasti mulai ikut meramaikan persaingan di jajaran depan, meski pada awalnya ia tertahan di tengah. Mir berhasil melewati Rins, Quartararo, hingga Bagnaia, sehingga ia menempati posisi ketiga.

Vinales sendiri pada akhirya mempertahankan posisi pertama tersebut hingga garis finis. Namun, persaingan sengit terjadi dalam perebutan posisi kedua dan ketiga. Karena, hingga memasuki tikungan terakhir pada lap terakhir, Joan Mir masih menempati posisi kedua.

Kendati demikian, saat beradu kecepatan di trek lurus, Mir justru disalip oleh dua pebalap Ducati, Johann Zarco dan Francesco Bagnaia. Pada akhirnya, Mir finis keempat. Sedangkan Valentino Rossi hanya bisa memperbaiki posisinya dengan finis ke-12.

Baca Juga:Morbidelli Jadi Saingan Utama Miller di MotoGP Qatar

Seusai balapan, Johann Zarco mengungkapkan perasaannya finis di urutan kedua. Dia sangat senang meski berada di urutan kedua. “Saya sangat senang. Ini adalah podium pertama saya di Qatar, di semua kelas. Saya sangat senang dan ingin menikmatinya sekarang, ”kata Johann Zarco mengutip Speedweek.

Dia juga menjelaskan, bagaimana akhirnya bisa beradu sengit dengan pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir dan memenangkan persaingan. Kata dia, mesin motornya membantunya bisa finis di belakang Vinales.

“Dalam dua lap terakhir saya memberikan yang terbaik agar Joan Mir tetap di belakang saya. Untungnya, saya melangkah agak jauh di tikungan terakhir dan berkat akselerasi saya bisa naik podium,” pungkas pebalap asal Prancis tersebut.(okz/hm10)

Related Articles

Latest Articles