6.6 C
New York
Friday, March 29, 2024

Ikuti Empat Seri Piala Dunia 2022, Timnas BMX Indonesia Terbang ke Kolombia

Jakarta, MISTAR.ID

Sekjen Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Parama Nugroho mengatakan, tim nasional (timnas) BMX bertolak ke Kolombia, Selasa (20/9/22) malam untuk mengikuti empat seri Kejuaraan Dunia atau 2022 UCI BMX Racing World Cup di Bogota.

Skuad Merah Putih berjumlah delapan atlet dari kategori Elite dan U-23. I Gusti Bagus Saputra dan Yussi Wakidur bakal bersaing untuk Elite Putra. Sementara untuk U-23 dari sektor putra pada seri Piala Dunia di Kolombia diwakili Fasya Ahsyana, Aditya Putu Soekarno dan Muhammad Al Fauzan.

Pada bagian putri, atlet U-23 juga bakal turut bersaing yakni Syifa Amellia dan Jasmine Azzahra Setyobudi. Mereka akan berada di bawah arahan pelatih Ari Kristanto dan Elga Kharisma. Selain itu, timnas BMX Indonesia juga turut membawa satu mekanik M Bidhin.

Baca Juga:Timnas Indonesia U-20 Kalahkan Vietnam, Pelatih Shin Tae-yong: Kita Punya Mental Kuat

“Setelah mengasah kemampuan di Malaysia di Kejuaraan Asia, bulan lalu, timnas BMX kembali mengasah kemampuan di World Cup yang bergulir di Kolombia. Pemberangkatan mereka di didukung penuh Kemenpora dan Bank Mandiri,” kata Parama, Selasa (20/9/22) di Jakarta.

Dalam gelaran UCI BMX Racing World Cup di Bogota, Bagus Saputra dan kawan-kawan bakal bersaing di ronde kelima dan keenam yang bergulir pada 24-25 September. Setelah itu, mereka kembali bersaing pada ronde ketujuh dan kedelapan di Ibu Kota Kolombia pada 1-2 Oktober.

PB ISSI terus menyiapkan atlet balap sepeda, termasuk disiplin BMX dalam persiapan menuju gelaran multievent yang bergulir tahun depan seperti SEA Games 2023 di Kamboja dan Asian Games Hangzhou, China, hingga puncaknya bisa bersaing di Olimpiade Paris, Prancis pada 2024.

Baca Juga:Shin Tae-yong Panggil 23 Pemain Timnas Hadapi Curacao, Ini Daftarnya

Sebelumnya, timnas BMX Indonesia juga bersaing di Kejuaraan Asia atau Asian BMX Championship 2022 dan Malaysia BMX International Race, bulan lalu. Dalam gelaran Asian BMX Championship 2022, Indonesia meraih lima medali perak dan satu perunggu.

Medali perak diraih Jasmine Azzahra Setyobudi (junior putri), Muhammad I Gusti Bagus Saputra (elite putra), Ibnu Rusyid (junior putra), Fasya Ahsana (U-23 putra), dan Amellya Nur Sifa (elite putri). Adapun perunggu diraih Yussi Wakhidurr di elite putra.

Adapun di Malaysia BMX International Race, Indonesia membawa pulang satu emas melalui Jasmine. Lalu empat medali perak melalui I Gusti Bagus, Amellya, Fasya, dan Muhammad Al Fauzan. Lalu dua perunggu masing-masing Yussi dan Ibnu.(antara/hm15)

Related Articles

Latest Articles