Arsenal Taklukkan Molde 3-0

Arsenal meraih kemenangan di kandang Molde di fase grup Liga Eropa. (f:cnn/mistar)

Jakarta, MISTAR.ID

Akhirnya Liga Eropa menjadi ajang pembuktian skuad asuhan Mikel Arteta dengan menundukkan Molde 3-0. Sementara AC Milan ditahan imbang di kandang Lille 1-1.

Arsenal memetik kemenangan meyakinkan di fase grup Liga Eropa 2020-2021 dengan keunggulan 3-0 atas Molde. Bermain di kandang lawan, Aker Stadion, Norwegia, The Gunners memulai pertandingan dengan formasi 4-4-2. Tugas mencetak gol dibebankan kepada Alexandre Lacazette dan Eddy Nketiah. Tak ada nama Aubameyang di daftar line-up, banyak pemain lapis kedua tampil.

Permainan berjalan imbang tanpa dominasi penguasaan bola salah satu pihak dengan penguasaan bola 50:50. Jual beli serangan dilakukan oleh kedua tim di babak pertama, dengan Arsenal mendominasi tembakan ke gawang, dan Molde pelanggaran.

Baca Juga:Arsenal Libas Dundalk 3-0, Sekaligus Gusur Molde Pimpin Grup B

Babak pertama berakhir imbang tanpa gol. Masuk menit ke-50, Nicolas Pepe beraksi lewat tendangan keras kaki kiri dari sisi kanan kotak penalti. Bola menghujam sisi kiri atas gawang Andreas Linde. 1-0 untuk The Gunners. Cuma berselang lima menit, Arsenal menggandakan skor. Joseph Willock mengirim umpan silang ke tengah yang disambut kaki Reiss Nelson percis di depan gawang.

Arsenal semakin nyaman mengendalikan permainan. Lacazette sempat membahayakan gawang Molde dengan sepakannya namun masih bisa dibendung Linde. Gol selanjutnya baru tiba jelang akhir pertandingan. Folarin Balogun menyambut umpan dari Emile Smith Rowe dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti. Arsenal memimpin 3-0.

Tak ada lagi gol tercipta hingga peluit berbunyi. Dengan kemenangan ini, Arsenal menduduki puncak Grup B dengan koleksi 12 poin hasil empat kemenangan dari empat pertandingan. Dengan dua laga grup tersisa, Arsenal dipastikan akan lolos fase grup.

Baca Juga:Arsenal Menang, AC Milan Tumbang

Susunan pemain Arsenal: Rúnar Rúnarsson, David Luiz (Rob Holding), Shkodran Mustafi, Ainsley Maitland-Niles, Cédric Soares, Granit Xhaka (Dani Ceballos), Joseph Willock (Kieran Tierney), Reiss Nelson, Nicolas Pépé, Edward Nketiah (Folarin Balogun 83′), Alexandre Lacazette (Emile Smith Rowe)

Susunan pemain Molde: Andreas Linde, Sheriff Sinyan, Stian Gregersen (Erling Knudtzon), Birk Risa (Marcus Pedersen), Henry Wingo, Magnus Wolff Eikrem (Ola Brynhildsen), Etzaz Hussain (Mathis Bolly), Fredrik Aursnes, Leke James (Ohi Omoijuanfo), Martin Ellingsen, Eirik Hestad

Terpisah, AC Milan meraih 1 poin di kandang Lille OSC, Prancis. Meski menguasai jalannya pertandingan dengan 58:42, Rossoneri kalah dalam hal agresivitas percobaan mencetak gol, yakni 4 percobaan, dengan 1 tepat sasaran, dan juga jadi gol.

Ketidakhadiran striker gaek namun tetap subur, Zlatan Ibrahimovic, akibat cedera tampak berpengaruh banyak pada serangan Milan. Sementara, Lille coba memberondong gawang Donnarumma dengan 13 upaya, tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Baca Juga:AC Milan Menang 3-1 Di Markas Celtic

Setelah melalui babak pertama tanpa gol, AC Milan mencoba bangkit dari dominasi serbuan para pemain Lille. Tak percuma, laga baru berjalan 1 menit, Samu Castillejo membobol gawang Lille usai serangan balik kilat yang digagas oleh Ante Rebic.

Berupaya mengejar ketertinggalan, Lilla akhirnya menemui celah di menit 65. Adalah Jonathan Bamba 65 yang membobol AC Milan. Ia memanfaatkan assist Jonathan David dengan mengarahkan bola ke pojok kanan bawah penjaga gawang Timnas Italia itu.

Sejumlah serangan masih dilakukan, terutama oleh Lille yang tak mau malu di depan pendukung sendiri. Namun, tak ada gol tercipta hingga peluit akhir babak kedua berbunyi. Skor sama kuat ini membuat Lille tetap memuncaki klasemen sementara Grup H dengan 8 poin. Milan ada di posisi kedua dengan 7 poin, yang ditempel ketat Sparta Praha yang sudah mengoleksi enam poin usai mengalahkan Celtic (1) 4-1. (cnn/hm12)