10.1 C
New York
Sunday, May 5, 2024

5 Atlet Inkanas Siantar Sabet Emas, Perunggu dan Perak di Open Turnamen Karate Tanjung Pinang

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sebanyak lima orang atlet karate binaan Institut Karatedo Indonesia (Inkanas) Kota Pematangsiantar memperoleh hasil positif setelah keluar sebagai juara. Lima atlet tersebut berlaga di Open Turnamen Karate yang diselenggarakan di Tanjung Pinang sejak 25 hingga 27 Maret 2022.

Dari lima atlet karate yang diberangkatkan, kelima atlet tersebut meraih juara dengan memperoleh medali emas dan perunggu. Ini merupakan hasil kerja keras para atlet karate selama berlatih di Inkanas. “Mungkin, termotivasi dengan kondisi yang ada, semangat Siantarmen atlet kita begitu membara dan berhasil berjuang meraih prestasi terbaik dengan mengalahkan atlet karate lain dari sejumlah daerah se Sumatera,” ujar Mhd Efendi Harahap, Ketua Harian Inkanas Kota Pematangsiantar, Senin (28/3/22).

Kelima atlet peraih gelar juara yakni, Rizziq Alfatah Siregar peraih medali emas (Kumite Pra Usia Dini 25 kg PA). Lalu empat temannya menerima medali perak yakni Yamashifa Kanaye (Pra Pemula +30 kg PI), Azka Fairuz Jameika Ritonga (Kumite Cadet -47 Kg PI), dan Aldo Azhari (Kumite Cadet +63 Kg PA), serta Davin Orizka Febrio Saragih meraih medali perunggu (Kumite Pra Pemula -30 kg PA).

Baca Juga:Enam Atlet Siantar Siap Berlaga di PON XX Papua

Efendi menjelaskan, para atlet berprestasi yang bertanding di Tanjung Pinang itu merupakan atlet yang sudah pernah berlaga di turnamen besar lainnnya, termasuk ke Malaysia. “Inkanas Kota Pematangsiantar masih baru terbentuk. Bahkan, memiliki Dojo di Jalan Seram dengan pelatih Ilham Taufik Hasibuan,” ujar Efendi seraya mengatakan, ke depan pihaknya akan mendirikan lagi Dojo Inkanas untuk membina generasi muda Kota Pematangsiantar.

Di Inkanas, kata Efendi, anak-anak yang berlatih diarahkan mencapai prestasi untuk mengharumkan nama daerah. Selain itu, para atlet dibimbing ke hal yang lebih positif sehingga mereka terhindar dari berbagai perbuatan negatif, seperti narkoba.

“Kalau dibina lebih terarah, kita optimis atlet kita akan meraih prestasi lebih baik di tingkat nasional bahkan internasional. Untuk itu, Pemko Pematangsiantar wajar memberi perhatian karena mengharumkan nama Kota Siantar,” ujarnya.

Baca Juga:7 Atlet Asal Siantar Diberangkatkan Ikuti PON XX di Papua

Kemenangan para atlet merupakan kemenangan Kota Siantar dan akan dipersembahkan kepada Plt Wali Kota dr Hj Susanti Dewayani. “Dalam waktu dekat, para atlet yang masih muda belia ini akan kita pertemukan dengan Plt Wali Kota,” kata Mhd Efendi.

Dari hasil pertemuan dengan Plt Wali Kota dr Hj Susanti Dewayani, para atlet tentu akan mendapat motivasi agar lebih semangat meraih juara pada turnamen-turnamen lainnya. “Kita lihatlah waktu yang tepat supaya bisa bertemu dengan Plt wali kota. Karena para atlet memang ingin mempersembahkan kemenangan ini untuk Kota Siantar,” ujarnya.(hamzah/hm12)

Related Articles

Latest Articles