30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Terungkap! Ternyata Ada Tanaman Sawit di Areal HGU Perkebunan Sidamanik

Simalungun, MISTAR.ID

Program konversi tanaman teh ke sawit di wilayah HGU Perkebunan Teh Sidamanik saat ini menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat Simalungun. Bahkan penolakan dan aksi-aksi dari masyarakat sudah disuarakan kepada pihak Pemkab Simalungun maupun kepada pihak PTPN IV.

Menanggapi polemik tersebut, Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Asisten I Sarimuda Purba menerangkan, pihaknya akan berusaha melakukan komunikasi dengan PTPN IV.

Baca Juga:Ratusan Warga Unjuk Rasa ke DPRD Simalungun Tolak Konversi Teh ke Sawit

Dikatakannya, polemik dan gejolak yang terjadi tidak bisa dibiarkan begitu saja. “Walaupun mereka sudah mencabut tanaman teh, itu belum menunjukkan bahwa mereka akan menanam sawit. Meskipun demikian, kami akan mengupayakan berkomunikasi dengan pihak PTPN IV, menanyakan apa yang terjadi sebenarnya,” ucap Sarimuda kepada wartawan usai berdiskusi dengan Himapsi, Rabu (22/6/22), sekira pukul 17.00 WIB.

Dalam diskusi tersebut, terungkap bahwa di areal HGU Perkebunan Teh Sidamanik terdapat tanaman sawit yang umurnya diperkirakan sekitar 10 tahun dengan luas arealnya mencapai 2-3 hektar. Menanggapi hal itu, Sarimuda mengatakan Pemkab Simalungun akan melakukan peninjauan langsung. “Kaban Kesbang Pol sudah memberikan saran kepada kami, agar kami segera melakukan peninjauan langsung ke lapangan. Dan nantinya akan kita tanyakan, itu sawit siapa sebetulnya,” terang Sarimuda Purba.

Baca Juga:Ini Cerita Pangulu Nagori Bahalgajah yang Wilayahnya Selalu Banjir Akibat Konversi Teh ke Sawit

Pemkab Simalungun melalui perizinan juga akan melakukan peninjauan, terkait izin konversi tanaman sawit yang dikatakan sudah tumbuh di Kebun Sidamanik itu. “Kita akan kroscek kembali soal izinnya. Namun yang pasti, soal izin konversi tanaman teh ke sawit untuk 257 H yang saat ini menjadi polemik, tidak ada dikeluarkan pihak Perizinan,” ucap Kepala Perizinan Simalungun, Pahala Sinaga.

Sebelumnya saat RDP dengan Pemkab Simalungun dan PTPN IV, Ketua Fraksi Nasdem Bernhard Damanik meminta agar kelapa sawit yang ada di Sidamanik segera dibongkar, jika tidak memiliki izin.(roland/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: