26 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

Tapping Box dan Sumut Link Hadir Di Simalungun, Pembayaran Pajak Lebih Mudah

Simalungun, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersama Bank Sumut melakukan peresmian Tapping Box dan Sumut Link di Pinus Hills, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sabtu (21/5/22) pagi.

Kepala Dinas Pendapatan Simalungun Frans Saragih, dalam sambutannya mengatakan, tapping box merupakan alat perekam pajak online yang akan ditempatkan pada pelaku-pelaku usaha yang sudah wajib pajak, khususnya restoran.

“Untuk pertama kalinya kita tempatkan di sini. Ke depan target kita tahun ini seluruh wajib pajak di Simalungun sudah menggunakan tapping box,” kata Frans.

Baca Juga:Simalungun akan Miliki Pusat Daur Ulang Sampah

Kemudian, terkait pembayaran pajak bumi dan bangunan, Frans mengatakan sudah bisa dilakukan melalui agen Sumut Link.

Agen Sumut Link ini direncanakan ada di setiap nagori yang ada di Simalungun. Agar pembayaran pajak dapat dilakukan dengan mudah.

Sementara Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan, ia mengapresiasi peresmian Tapping Box dan Sumut Link.

Penggunaan Tapping Box dan Sumut Link merupakan sarana untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak.

“Saya melihat cara pembayarannya sangat gampang. Hanya satu menit sudah selesai,” kata bupati sekaligus memberikan apresiasi kepada Bank Sumut.

Baca Juga:Bapenda Deli Serdang Kejar Target Pajak

Bupati meminta agar Dinas Pendapatan segera melakukan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat terkait hal tersebut.

“Ini harus disosialisasikan secara terus menerus ke semua masyarakat, bahwa saat ini sudah mudah membayar pajak,” sebutnya.

Pemimpin Bank Sumut Cabang Pematang Raya Tomas Tarigan mengatakan, pihaknya akan terus mendukung peningkatan PAD di Simalungun.

“Untuk percepatan peningkatan PAD dari sektor pajak, kami mendukung penuh Pemkab Simalungun,” katanya.

Ia kemudian menjelaskan, Tapping Box digunakan untuk melakukan perekaman pajak secara langsung, dan hasil rekaman tersebut langsung terkoneksi ke Pemkab Simalungun.

Baca Juga:Bupati Toba Minta Masyarakat Taat Pajak dan Melaporkan SPT Tahunan

Kemudian untuk Sumut Link, fasilitas tersebut sebagai pengganti fungsi bank untuk melakukan transaksi, baik setoran, penarikan, bayar listrik dan pembayaran pajak tanpa harus ke bank. Bank Sumut juga meniadakan biaya administrasi untuk pembayaran pajak.

Setelah selesai peresmian Tapping Box dan Sumut Link, bupati dan pihak Bank Sumut melakukan acara fun bike yang di start dari Pinus Hills dan finis di Toba Sari.

Kegiatan fun bike sendiri diikuti Unsur Forkopimda, pihak Bank Sumut, PTPN IV dan para pecinta olahraga sepeda. (roland/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: