31.7 C
Medan
Monday, August 8, 2022
spot_img

Karhutla di Perbukitan Danau Toba, Dishut Sebut Kekurangan Personel

Medan, MISTAR.ID

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di perbukitan kawasan Danau Toba sejak Minggu Siang 31 Juli 2022 siang.

Kebakaran ini terjadi disekitar Desa Partungko Naginjang perbatasan di Desa Hariarapintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Berdasarkan informasi diperoleh proses pemadaman masih berlangsung sampai saat ini. Diperkirakan ada sekitar 10 hektare luasa lahan yang terjadi akibat dari kebakaran ini.

Baca juga:New York Resmi Dinyatakan Darurat Kesehatan Wabah Cacar Monyet

“Anggota kita sudah disitu. Saya sudah menugaskan unit KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) terdekat menurunkan anggota untuk membantu pemadam api. Namun kami mengalami kendala dengan kekurangan personil. Meski dibantu proses pemadaman api oleh TNI/Polri setempat,” kata Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumatera Utara, Herianto dikonfirmasi wartawan, Senin (1/8/2022)

Sambungnya, untuk proses pemadaman api tersebut, Herianto menerjunkan personil dari KPH 12 dan KPH 14. Karena, lokasi kebakaran berada di Unit KPH 13.

“Namun kita masih kekurangan tenaga, ampun. Kalau kami, komponen suatu tugas bukan utama. Seharusnya, mengkordinir itu, adalah BPBD Sumut,” kata Herianto.

Disebutkan Herianto, Karhutla sudah mencapai 10 hektar yang terbakar. Ditambah lagi, lokasi kebakaran dengan medan yang sulit, karena berada di perbukitan.

Baca juga:Mengenal Profesi Potensial SEO Content Writer

“Lokasi kebakaran tersebut berdekatan dengan lokasi objek wisata favorit di kawasan Danau Toba, yakni Menara Padang Tele menjadi spot wisatawan berfoto dengan latar foto pemandangan indah danau terbesar di Asia Tenggara itu,” pungkasnya. (anita/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: