23.3 C
Medan
Saturday, November 27, 2021
spot_img

BUMNag Harus jadi Penggerak Ekonomi Desa

Simalungun, MISTAR.ID

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Simalungun Mixnon Andreas Simamora meminta Badan Usaha Milik Nagori (BUMNag) terus direvitalisasi sebagai ujung tombak penggerak ekonomi nagori di desa.

Hal itu disampaikan Mixnon dalam pengukuhan pengurus Keluarga Besar Pangulu se Kabupaten Simalungun, Sabtu (22/8/20) siang di Hotel Niagara, Parapat.

Ia melanjutkan, BUMNAG yang didanai dengan dana desa bisa mulai melakukan luncuran produk baru dan pengembangan dengan bekerja sama dengan sektor swasta. BUMNAG harus mampu membuka distribusi produk unggulan di nagori dan bisa masuk ke pasar lokal.

Baca Juga: Wisata Desa Tenun Batu Bara Jadi Desa Percontohan Di Sumut

“Contohnya seperti Nagori Seribuasih BUMNag mereka membuat produk pupuk unggulan semua tanaman. Maka, nagori lain bisa membuat terobosan dengan produk lain,” ujar Mixnon dalam paparannya.

Mixnon juga menekankan pengunaan dana desa harus mulai diarahkan untuk menggerakkan sektor -sektor produktif.

“Masing-masing nagori harus saling bersinergi meningkatkan pelayanan dengan BUMNag diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) nagori untuk kemajuan nagori,” ujarnya.

Baca Juga: Tambahan BLT Dana Desa Rp900 Ribu Segera Disalurkan

Pengurus KBPK Simalungun Dilantik

Tim pengarah Keluarga Besar Pangulu se Kabupaten Simalungun Benson Damanik melantik pengurus KBPK Simalungun. Pelantikan berlangsung di Hotel Berbintang Niagara, Parapat, Sabtu (22/8/20) siang dengan protokol pencegahan Covid-19.

Pelantikan didahului dengan pembacaan Keputusan Tim Pengarah KBPK Simalungun tentang pengesahan pengurus tahun 2020 hingga 2023. Selanjutnya, tim pengarah Benson Damanik melantik jajaran pengurus KBPK Simalungun.

“Hari ini, Sabtu (22/8/20), saya tim pengarah musyawarah besar KBPK Simalungun dengan ini secara resmi melantik saudara-saudara sebagai pengurus KBPK Simalungun masa bakti 2020-2023,” ujar Benson.

Baca Juga: Tarutung Bakal Diprogramkan Jadi Pilot Percontohan Pertanian

Adapun tim yang dilantik yakni, Ketua KBKPS  Raslan Purba, Sekretaris Sahkinton Saragih dan Bendahara Suhardi. Pangulu Nagori Ambarisan  Raslan Purba mengatakan, pihaknya akan terus memprioritaskan program BUMNAG.

“Kami akan membuat program BUMNag dengan terlebih dahulu melakukan perencanaan dengan melibatkan ahli akademisi profesor. Dengan adanya KBPKS kami akan saling bersinergi dan kerjasama meningkatkan PAD,” ujar Raslan ditemui Mistar, Sabtu (22/8/20).

Turut hadir dalam acara ini pangulu seluruh Kabupaten Simalungun dan Sekretaris Daerah Simalungun Mixnon Andreas Simamora.(billy/hm02)

 

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: