25 C
Medan
Tuesday, September 28, 2021
spot_img

Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia di Siantar Baru 16 Persen, Ini Kata Dinkes

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar mencatat bahwa pencapaian vaksinasi Covid-19 kepada kelompok lansia yakni warga berusia 60 tahun ke atas, masih jauh dari target sekitar 30 ribu lebih. Sementara itu, lansia yang sudah menerima vaksinasi baru sekitar 16 persen.

Padahal, lansia merupakan salah satu kelompok rentan terpapar Covid-19 sehingga diprioritaskan untuk mendapatkan suntikan vaksin terlebih dahulu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Ronald Saragih mengatakan, lambatnya vaksinasi Covid-19 bagi lansia juga terjadi di daerah lainnya. Salah satu penyebabnya, yakni masih adanya ketakutan melakukan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Tunjang Rencana Kegiatan PTM, 2.400 Guru di Siantar Jalani Vaksinasi Tahap II

“Hingga saat ini cakupan vaksinasi Covid-19 lansia di Pematangsiantar masih berada di angka 16 persen. Kami terus melakukan edukasi kepada masyarakat pentingnya vaksinasi terhadap lansia untuk mencegah gejala Covid-19 yang berat,”ungkapnya, Selasa (14/6/21).

Ronald berujar bahwa pihaknya masih akan mengutamakan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Persentase itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan capaian vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga kesehatan dan petugas pelayan publik.

Guna mempercepat vaksinasi Covid-19 pada lansia, kata dia, Dinas kesehatan akan melakukan berbagai hal, salah satunya jemput bola dengan mendatangi ke kelompok lansia kemudian vaksinasi. Agar pelaksanaan vaksinasi pada lansia segera terealisasi, pihaknya juga menggandeng TNI dan Polri serta aparat pemerintah lainnya.

“Kami bekerjasama dengan TNI dan Polri, disamping itu juga pihak kecamatan, kelurahan, dan pemangku adat disetiap desa maupun kelurahan akan kita minta bantuannya supaya bisa memperluas jangkauan penyaluran kepada masyarakat khususnya para lansia,”terangnya. (Yetty/hm13)

 

 

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
18,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: