30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

SMK Swasta Teladan Siantar Lepas Siswa Alfamart Class ke Dunia Kerja

Pematangsiantar, MISTAR.ID

PT Sumber Alfaria Trijaya (PT SAT) Tbk yang menaungi salah satu ritel modern terbesar di Indonesia, Alfamart telah menjalin kerja sama dengan SMK Swasta Teladan Pematangsiantar melalui program pendidikan ritel bagi siswa SMK yakni Alfamart Class sejak tahun 2016.

Kepala SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Sudarlian menyebutkan melalui program Alfamart Class, pihaknya sudah menamatkan 4 alumni tahun pelajaran (TP) 2016/2017 dari jurusan bisnis atau manajemen pemasaran langsung kerja ke PT SAT Tbk.

“Kami menggelar pemberangkatan siswa-siswi yang sudah lulus di program Alfamart Class tersebut dan langsung bekerja sesuai program kerjasama industri dan dunia kerja (Iduka) dengan PT SAT,” ucapnya usai acara pemberangkatan yang dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar, Rabu (25/5/22).

Baca juga: Wujudkan SMK Bisa Hebat, Siswa SMK Teladan Siantar Lulus Langsung Kerja

Sudarlian juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT SAT Tbk yang konsisten membantu SMK melalui program Alfamart Clas dengan memfasilitasi proses pembelajaran, penyediaan sarana praktik siswa (hibah bisnis center), training for teacher (TFT)/pelatihan pendidikan ritel bagi para guru, siswa PKL, guru tamu, uji kompetensi, akreditasi Alfamart Class, penempatan lulusan dan kegiatan lainnya.

Kabid bidang pembinaan SMK Dinas Pendidikan Sumut, Ichsanul Arifin Siregar pada saat itu menyebut Disdik Provsu melalui pembangunan jangka menengah daerah Sumatera utara selalu mendorong SMK-SMK melalui program link and super match 8+i yang dicanangkan Ditjen Vokasi Kemendikbud dengan pembelajaran produk dan bisnis khusus SMK harus diterapkan di sekolah.

“Ini adalah suatu kebanggaan untuk mendorong pendidikan Vokasi Sumatera Utara lebih hebat lagi. Karena kita yakin pendidikan vokasi di Sumut tentunya menguatkan SMK menjadi lebih hebat dan bermutu,” tuturnya.

Sementara itu, People Development Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Yulius Aan Kristianto mengungkapkan hingga saat ini, lulusan dari Alfamart Class SMK Swasta Teladan sudah mencapai lebih ratusan siswa. Mereka direkrut untuk bekerja langsung di Alfamart di sekitaran Kota Pematangsiantar.

Baca juga: SMK Teladan Siantar Bersama PT SAT Laksanakan “Sinkronisasi Kurikulum”

Yulius menuturkan di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar setiap kelas itu minimal 30 siswa, jadi sampai saat ini sudah angkatan ke-4 yang sudah direkrut. Berarti sudah ada 120 orang siswa yang sudah bekerja di PT SAT Tbk.

Yulius juga menambahkan, semua lulusan dari Alfamart Class SMK Swasta Teladan Pematangsiantar otomatis langsung bekerja. Setelah nantinya lulus dari SMK Swasta Teladan langsung bekerja yang nantinya anak-anak bisa meringankan beban orangtua.(yetty/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: