30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Pengelola Arsip Pemko Siantar Ikuti Bimtek Pemberdayaan Kapasitas Unit Kearsipan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Pengelola arsip dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pematang Siantar mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemberdayaan Kapasitas Unit Kearsipan dan Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2022 yang dibuka Plt Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani di Ruang Serba Guna Bappeda Kota Pematang Siantar, Rabu (3/8/22).

Plt Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematang Siantar Suryani Sinaga SKM MM dalam laporannya menyatakan, maksud penyelenggaraan kegiatan tersebut untuk membangun kesepahaman bagi seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemko Pematang Siantar agar mengelola arsip sesuai peraturan kearsipan yang baku, yang telah ditetapkan melalui peraturan perundang-undangan.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah, meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah dalam pengelolaan arsip aktif dan inaktif sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Baca juga: Lembaga Kearsipan Nasional Sosialisasikan Aplikasi Srikandi di Pakpak Bharat

Suryani juga menyebutkan bahwa kegiatan itu memberikan penjelasan bagaimana menetapkan dan menggunakan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Keuangan, Kepegawaian, Perpustakaan, dan Kearsipan sebagai acuan dalam menentukan sebuah arsip aktif atau inaktif, musnah, atau permanen; serta mewujudkan pelestarian arsip untuk diwariskan kepada generasi mendatang.

Ditambahkannya, kegiatan Pemberdayaan Kapasitas Unit Kearsipan dan Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota bagi Para Pengelola Arsip di Lingkungan Pemerintah Kota Pematang Siantar Tahun 2022 itu dilaksanakan selama dua hari, yang berakhir Kamis (4/8/22) di Ruang Serba Guna Bappeda Kota Pematang Siantar.

Bimtek yang diikuti 106 orang pengelola arsip dari setiap perangkat daerah se-Kota Pematang Siantar ini menghadirkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, yaitu Herli Selbi Simanjuntak serta Sinondang Masniari.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani mengingatkan, bahwasanya sangat pentingnya pengelolaan dan mengetahui tentang kearsipan di lingkungan perkantoran, tak terkecuali di dalam kehidupan keluarga. Karena, arsip dapat membantu siapa saja ketika ada permasalahan di kemudian hari.

“Karena itu, mengetahui data kearsipan, tentunya tahu akan sejarah. Ketika sudah mengetahui, maka tentu akan semangat bangkit dan maju dalam membangun Kota Pematang Siantar,” ujarnya.

Baca juga: Perpustakaan Keliling di Siantar Tetap Eksis Meski Libur Lebaran

Susanti menyebutkan kegiatan Bimtek tersebut dipandang sebagai media yang penting dan strategis bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mampu memahami dunia kearsipan yang sesungguhnya, agar mampu diterapkan di lingkungan kerja masing-masing.

Sehingga pada akhirnya memberikan dampak peningkatan akuntabilitas kinerja demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efisien, efektif, responsif melayani berdasarkan Good Governance dan Coorporate Governance.

“Hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009, dimana, arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,” tukas Susanti.

Karenanya, kata Susanti, dibutuhkan suatu sistem kearsipan yang baik dan benar, mulai dari penciptaan sampai dengan penyusutan dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan tata kearsipan yang baik.

Baca juga: 101 ASN Pemko Medan Ikuti Bimtek Penyusunan dan Penetapan SKKAAD

“Inilah perlu dilaksanakan bimbingan teknis kearsipan bagi para pengelola arsip di seluruh OPD Pemerintah Kota Pematang Siantar,” katanya.

Susanti berharap ke depannya, setiap pengelola arsip di setiap perangkat daerah maupun BUMD dapat melakukan pemberkasan arsip aktif di unit pengolah dan penataan arsip inaktif di unit kearsipan secara baik dan benar. Karena dokumen kearsipan merupakan catatan sejarah semua kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan di organisasi pemerintahan. (yetty/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: