26.7 C
Medan
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Menyapa Pemilih Pemula, RPP KPU Sambangi SMA Negeri 4

Pematangsiantar, MISTAR.ID – Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum (RPP KPU) Kota Pematangsiantar, salah satu wadah pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang kegiatan kepemiluan, menyapa para pemilih pemula ke sekolah-sekolah.

Kali ini, Selasa (29/10/19), giliran SMA Negeri 4 Pematangsiantar yang dikunjungi tim RPP KPU Kota Pematangsiantar.

“Ketika RPP menyapa adik-adik di sekolah, kita menjelaskan apa itu pemilu, siapa itu pemilih, dan mengapa harus menggunakan hak pilih. Kita juga menjelaskan mengapa pemilu dan demokrasi itu penting, dan menggambarkan proses pemungutan suara melalui penjelasan-penjelasan denah tps,” ujar Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) Nurbaiyah Siregar.

“Kita membangun kesadaran siswa-siswi untuk menolak golput dan menolak money politik. Kita juga memberi penjelasan tata cara memilih di TPS dan tata cara mencoblos. Pola pemyampaian dilakukan dengan interaksi dua arah. Setelah pemaparan kita lakukan tanya jawab,” sambungnya.

Dalam kegiatan RPP menyapa, kata Nurbaiyah, bukan hanya para pelajar itu yang bertanya, untuk melihat sejauh mana mereka bisa memahami apa yang sudah disampaikan, pihak KPU juga melemparkan pertanyaan kepada para pelajar.

“Alhamdulillah mereka sangat antusias di buktikan dengan banyaknya yang mengajukan pertanyaan dan banyaknya yang berebut untuk menjawab dan memberikan pemaparan mereka masing-masing,” ungkap Nurbaiyah seraya menambahkan kegiatan menyapa sudah 4 kali mereka lakukan sejak 22 Oktober 2019.

Nurbaiyah berharap, para pelajar yang disapa oleh RPP KPU Kota Pematangsiantar di sekolahnya dapat menjadi duta atau perwakilan KPU untuk memberikan penjelasan mengenai kepemiluan kepada pelajar-pelajar lainnya.

Mengenai tujuan kegiatan RPP KPU menyapa pemilih, kata Nurbaiyah, adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu. “Yang paling penting itu adalah untuk meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi atau pemilu,” tandasnya.

Penulis : Ferry Napitupulu

Editor : Jannes Silaban

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Kadishub ke Wartawan di Sidang Paripurna HUT ke-75 Dairi: Apa Foto-foto,...

Dairi, MISTAR.ID Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi Parulian Sihombing berlagak seperti preman dan terkesan arogan kepada wartawan mistar.id bernama Julius Manurung. Seperti yang terjadi saat...

Remaja 16 Tahun di Asahan yang Viral Pamer Sajam di Medsos...

Asahan, MISTAR.ID Polisi mengamankan S, remaja berusia 16 tahun yang viral di media sosial (medsos) karena pamer senjata tajam (sajam). Ia pun ditangkap tak lama...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: