27.9 C
Medan
Tuesday, January 25, 2022
spot_img

Melirik Persiapan Acara Gelegar Payung Nusantara

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komunitas Budaya Sanggar Lukis Qalam Jihad bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar beberapa persiapan acara Gelegar Payung Nusantara di Gang Tematik, Jalan Tongkol,  Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar.

Ketua sanggar lukis Qalam Jihad, Zainal Abidin Lubis menyebutkan, sebanyak 100 orang peserta akan melukis payung dengan gambar beraneka warna. Peserta bebas berkreasi melukis diatas payung sesuai dengan keinginannya. Tidak ada batasan bagi mereka untuk menggambar dan melukis

“Beberapa perlengkapan juga sudah lengkap, apalagi payung yang menjadi tempat media lukisan mereka, sudah datang. Payung tersebut dikirim dari pulau Jawa. Kebetulan di sini belum ada yang memproduksinya,”ujarnya, Rabu (6/10/21).

Baca juga:Gelegar Payung Nusantara di Gang Tematik Curi Perhatian Wali Kota Siantar

“Selain itu, kami pun sudah melakukan beberapa pertemuan dengan pimpinan di Kota Pematangsiantar, seperti Walikota, Dinas pendidikan, Kecamatan Siantar Timur, dan Lurah Pardomuan. Dan semuanya sangat mendukung acara ini hingga selesai,” Tukas Zainal

Dia menjelaskan, acara tersebut nantinya akan dilakukan secara virtual. Hanya beberapa peserta saja yang berada di sanggar lukis Qalam Jihad. Hal itu dilakukan demi terjaganya protokol kesehatan dimasa pandemi saat ini.

Nantinya, dia bilang, setiap peserta diberikan beberapa keperluan yakni payung, cat lukis beserta atributnya, tote bag, kaos, dan paket data sebesar 11 (Gigabyte). Jika ditetapkan semua berjumlah sekitar Rp. 300 ribu.

“Pada tanggal 21 November ini akan ditayangkan langsung melalui kanal Youtube Sanggar Lukis Qalam Jihad. Ini juga nanti akan ditayangkan pada link di Kemendikbud,” Terang Zainal.

Baca juga:Pemko Medan Gandeng Kelompok Cipayung Plus untuk Vaksinasi Massal Pemuda

Sementara itu, Camat Siantar Timur Syaiful Rizal beserta Lurah Kelurahan Pardomuan, Arif Ariyanto Lubis datang mengunjungi Sanggar Lukis Qalam Jihad. Mereka sangat senang dan mengapresiasi adanya Acara Gelegar Payung Nusantara tersebut dilaksanakan di wilayahnya.

“Ini bisa mengembangkan kreativitas anak – anak dalam budaya seni lukis payung. kegiatan ini melatih fungsi penting dalam pengembangan fisik, emosi, dan kognitif anak. Mereka mengekspresikan dirinya sendiri dengan gambar yang ia suka,” Kata Syaiful. (yetty/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: