28.9 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Gelegar Payung Nusantara di Gang Tematik Curi Perhatian Wali Kota Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah, menyambut baik acara Gelegar Payung Nusantara yang diprakarsai Komunitas Budaya Sanggar Lukis Qalam Jihad bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dengan adanya acara tersebut semoga bisa melahirkan maestro-maestro lukis selanjutnya dari Kota Pematangsiantar.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Pematangsiantar saat menerima kunjungan Zainal Abidin Lubis, selaku Ketua sanggar lukis Qalam Jihad dan Utami Suzariani (salah satu tim pengajar) di Kantor Wali Kota Siantar, Senin (4/10/21).

Baca Juga:Sah! DPRD Agendakan Rapat Paripurna Pemberhentian Wali Kota Siantar

Wali Kota menyampaikan selamat atas diselenggarakannya Gelegar Payung Nusantara di Gang Tematik yang beralamat di Jalan Tongkol, Gang Mujahir, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur.

“Bahwa acara ini sangat luar biasa untuk mengajak masyarakat terutama tingkat pelajar, dalam membantu siswa mengetahui makna budaya, nilai budaya, kearifan lokal, serta motivasi untuk berprestasi dalam bidang seni budaya,” katanya.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Sanggar Lukis Qalam Jihad Zainal Abidin Lubis menyampaikan, hasil keputusan Kemendikbud Ristek, yang menetap sanggar lukis Qalam Jihad adalah satu-satunya lembaga seni yang lulus verifikasi di Kota Pematangsiantar.

“Ada 9.400 lebih lembaga seni dari seluruh Indonesia yang ikut mendaftar di Kemendikbud Ristek. Kemudian yang tersaring hanya sekitar 120-an saja yang lolos verifikasi. Untuk Sumatra Utara ada tiga lembaga seni yang lulus. Sanggar lukis Qalam Jihad adalah salah satunya. Kemudian Medan dan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta),” ujar Zainal di hadapan Hefriansyah.

Baca Juga:Pemko Siantar Diminta Dukung Kreasi Seniman dan Budayawan

Zainal menjelaskan, acara Gelegar Payung Nusantara ini akan menampilkan pelukis yang sedang melukis di atas payung. Namun dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19, program ini tidak dapat dilakukan secara langsung. Kegiatan itu pun nantinya akan dilakukan secara virtual.

Hal ini pun disambut baik oleh Wali Kota dengan menyetujui dan sangat mendukung kegiatan Acara Gelegar Payung Nusantara di Gang Tematik tersebut. Kunjungan ini berlangsung dengan singkat dan di akhiri dengan pemberian cinderamata berupa payung yang sudah dilukis oleh salah satu pelukis dari sanggar lukis Qalam Jihad.

Selain itu, Wali Kota Pematangsiantar melakukan tanda tangan di atas sebuah payung berwarna putih. Payung tersebut nantinya sebagai testimoni Acara Gelegar Payung Nusantara di Gang Tematik. (yetty/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: