26 C
Medan
Tuesday, June 28, 2022
spot_img

KPUD Siantar Sosialisasi Tahapan Pencalonan Pilkada 2020

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Menjelang dibukanya pendaftaran Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Paslon Wako dan Wawako) Pematangsiantar, pada 4-6 September mendatang, KPUD Kota Pematangsiantar melakukan sosialisasi tahapan pencalonan. Rabu (26/8/20).

Sosialisasi tahapan pencalonan, yang dilakukan KPUD Kota Pematangsiantar kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tokoh-tokoh masyarakat itu, menghadirkan Komisioner Divisi Teknis KPU Provinsi Sumatera Utara, Batara Manurung sebagai narasumber.

Batara mengharapkan agar dalam pelaksanaan tahapan dan jadwal yang dilakukan oleh KPUD Kota Pematangsiantar dapat disambut baik oleh masyarakat, dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. “Karena pemilihan ini adalah pemilihan dalam bencana Covid-19,” ujarnya.

Baca juga: KPUD Sosialisasi Kelengkapan Syarat Pendaftaran Pilkada 2020

Termasuk juga nanti, kata Batara, dalam pola proses pencalonan. “Nanti teman-teman (KPUD Kota Pematangsiantar) akan melakukan simulasi dan membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk kemudian disosialisasikan kepada Bapaslon, Partai Politik dan masyarakat, dalam rangka proses pencalonan yang umumnya akan membawa pendukungnya ramai-ramai,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Pematangsiantar Daniel MD Sibarani dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dalam Pilkada ada dua hal yang penting. “Yaitu, siapa yang memilih dan siapa yang dipilih. Terkait siapa yang memilih, sudah kita selesaikan sebagian tahapannya, data pemilih akan kita tetapkan secara berjenjang,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Daniel, mengenai siapa calon yang akan dipilih. “Tahapan pencalonan ini sudah di depan mata. Pada tanggal 28 Agustus ini, KPU sudah mengumumkan syarat pencalonan, syarat calon, tempat dan waktu pendaftaran, serta hal lain yang diatur dalam pencalonan. Sesudah itu KPU akan membuka pendaftaran pada tanggal 4 sampai 6 September,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Pematangsiantar Nurbaiyah Siregar menyebutkan bahwa sosilaisasi tahapan pencalonan yang mereka laksanakan hari itu bukan sosialisasi yang pertama, karena pihaknya sudah pernah melakukan sosialisasi kepada partai politik.(ferry/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: