23.9 C
Medan
Monday, August 8, 2022
spot_img

Hindari Daerah Rawan Macet Arus Lalu Lintas di Siantar, Ini Jalan Alternatifnya

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sejumlah pengemudi yang datang dari arah Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, yang berniat menuju ke arah Parapat tampak harus turun dari mobil yang kemudikannya. Mereka rata-rata untuk meminta agar diijinkan lewat dari salah satu ruas atau jalur jalan yang sudah ditutup di seputaran Simpang Empat Kota Pematangsiantar.

Namun petugas dari Satlantas dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pematangsiantar dengan tegas menolak permintaan para pengemudi tersebut. “Lewat dari Jalan Bahkora saja pak,” tegas petugas yang berjaga.

Meski para pengemudi itu berupaya membujuknya, petugas dari Satlantas Polres Pematangsiantar itu tetap pada pendiriannya. Demikian pantauan Mistar di seputaran Simpang Empat Kota Pematangsiantar, Sabtu (2/1/21) siang.

Kepada awak Mistar yang menemuinya, petugas Satlantas itu menyebutkan bahwa hal itu dilakukannya demi kebaikan bersama guna memghindari terjadinya kemacetan di Simpang Dua Kota Pematangsiantar.

Baca juga: Ratusan Kasus Narkoba Terungkap di Siantar, Sindikat Libatkan Perempuan dan Anak-anak

“Kalau permintaan mereka kita penuhi, arus lalu lintas di simpang dua akan jadi semakin rawan macet, karena ruas jalan masuk ke Jalan Sisingamangaraja yang ada disana itu terlalu sempit. Tahun lalu, pengalihan arus lalu lintas ini sudah kita laksanakan dan berhasil menghindari kemacetan,” terangnya.

Dijelaskannya, bahwa untuk memandu para pengemudi yang akan menggunakan jalur jalan alternatif, pihaknya sudah membuat plank pengalihan arus lalu lintas di setiap persimpangan jalan alternatif.

Pengalihan arus lalu lintas di seputaran Simpang Empat Kota Pematangsiantar.(f:ferry/mistar)

Terpisah dikonfirmasi melalui pesan Whats App (WA), Kasat Lantas Polres Pematangsiantar AKP M Hasan menyebutkan bahwa selain membuat plank atau rambu, pihaknya juga sudah mensosialisasikan jalur alternatif itu di media sosial.

Baca juga: Pertamina MOR I Bangun Puskesmas Ramah Anak di Siantar

Ia juga mengatakan bahwa sejauh ini arus lalu lintas di jalur alternatif aman terkendali. Berdasarkan denah jalur alternatif yang dikirimkan AKP M Hasan kepada Mistar, guna menghindari kemacetan di Simpang Dua, para pengendara yang datang dari arah Parapat dan Seribu Dolok diarahkan ke Jalan Sisingamangraja dan Jalan DI Panjaitan. Sementara pengemudi yang menuju Parapat diarahkan menggunakan jalur alternatif dari Jalan Bah Kora II.(ferry/hm07)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: