27.9 C
Medan
Tuesday, January 25, 2022
spot_img

Dinkes Perbanyak Test Swab Di STT HKBP Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar berencana melakukan pemeriksaan swab lebih banyak sepekan ke depan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Ronal Saragih mengatakan upaya ini dilakukan sebagai buntut ditemukannya dua mahasiswa di Kampus STT HKBP Siantar yang terkonfirmasi Covid-19.

“Swab akan kami tingkatkan ke depannya ini merupakan salah satu strategi penurunan penyebaran Covid-19. Apalagi, ditemukan adanya klaster kampus,” ujar Ronal ditemui Mistar, Kamis (8/10/20) siang.

Ia mengatakan, pihaknya akan meningkatkan jumlah pelaksanaan uji swab dengan bekerjasama dengan pihak lembaga kesehatan lainnya. Swab akan dilakukan sesuai ketentuan. “Untuk lokasi swab akan dilakukan pembahasan berikutnya. Dan kami akan bekerja sama dengan pihak lain,” ujarnya.

Baca juga: Dua Mahasiswa STT HKBP Siantar Terpapar Covid-19, 23 Orang Dinyatakan Reaktif

Kemudian, pihaknya telah melakukan swab massal untuk para mahasiswa STT HKBP Siantar pada Kamis (8/10/20) pagi. Swab dilakukan untuk mendeteksi penularan virus corona. “Kami hari ini sudah melakukan pemeriksaan swab di kampus STT HKBP Siantar diikuti mahasiswa dan dosen dan pegawai untuk hasilnya harus menunggu dulu,” ujarnya.

Ronal menyebutkan, secara umum dalam mekanisme tes swab yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Tim GTPP Covid-19 Siantar, ia menjamin bahwa warga tidak akan dipungut biaya. “Setelah pemerintah memegang data kasus positif Covid-19, maka para OTG kemungkinan akan diketahui setelah dilakukan penelusuran atau pelacakan kontak para pasien positif,” ujarnya.

Sementara, hingga saat ini pihak tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Siantar belum melakukan update perkembangan terbaru kasus Covid-19. Juru bicara GTPP Covid-19 Siantar Daniel Siregar terkesan bungkam.
Berbagai sumber komunikasi baik telepon maupun aplikasi whatsapp tidak direspon oleh Daniel Siregar. (billy/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: