30.6 C
Medan
Friday, August 19, 2022
spot_img

Antisipasi Penularan Hepatitis Akut, Disdik Siantar Imbau Sekolah Disiplin Terapkan Prokes

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Libur lebaran idul Fitri telah usai, anak – anak sudah mulai bersekolah kembali. Namun, akhir – akhir ini kembali merebak penyakit misterius yang diberi nama Hepatitis Akut. Penyakit hepatitis akut ini paling banyak menyerang anak-anak tanpa diketahui penyebabnya. Kewaspadaan untuk menghadapi serangan penyakit ini pun terus digaungkan di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Pendidikan (Disdik) tidak mau ketinggalan. Untuk mengantisipasi wabah Hepatitis Akut merebak di sekolah, disdik mengimbau seluruh satuan pendidikan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Saat ini, upaya yang kami lakukan adalah mengimbau setiap sekolah – sekolah agar lebih konsisten penerapan prokes. Dimana sebelumnya yang juga terkait pandemi Covid-19 masih tetap harus dilaksanakan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar Pelaksana tugas (Plt) Kusdianto yang didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Rosmayana Marpaung, Selasa (10/5/22).

Baca juga:Jenazah David Siallagan Mahasiswa ISI Yogyakarta Tiba di Rumah Duka Siantar, Isak Tangis Pecah

Kusdianto mengungkapkan, meski penyakit misterius tersebut diasumsikan sangat rawan untuk kemungkinan terjadinya penyebaran di sekolah, khususnya tingkat sekolah dasar (SD) karena anak-anak rentan tertular penyakit hepatitis akut misterius itu.

“Jadi intensitas seruan penerapan prokes pada seluruh sekolah – sekolah saat ini lebih digiatkan kembali. Walaupun sejauh ini pelaksanaan prokes sudah berjalan baik juga efektif,” ucapnya.

Dikatakan Rosmayana Marpaung, bahwa saat ini Pelaksana tugas (Plt) Walikota Pematangsiantar, Susanti Dewayani sudah menginstruksikan sekolah – sekolah agar lebih disiplin dan patuh menjalankan protokol kesehatan di satuan pendidikan masing-masing.

Baca juga:Dua Anak di Sumut Diduga Terserang Hepatitis Akut

“Penyakit ini kan masih misterius. Tapi tetap harus diwaspadai. Jadi, Walikota meminta Disdik agar mengimbau seluruh sekolah untuk menjaga kebersihan sekolah dan anak-anak untuk rajin mencuci tangan,” tuturnya.

Rosmayana juga menuturkan, salah satu antisipasi dari hepatitis akut misterius tersebut yakni bisa dilakukan dengan memberikan edukasi kepada perserta didik di sekolah untuk melakukan pola hidup sehat. (yetty/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: