25 C
Medan
Tuesday, September 28, 2021
spot_img

Antisipasi Kebakaran, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Gelar Simulasi Pemadaman

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Mengingat kebakaran yang terjadi di Lapas Tangerang beberapa waktu lalu, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematangsiantar langsung berbenah. Mereka menggelar sosialisasi antisipasi kebakaran bersama Damkar Kota Pematangsiantar, Selasa (14/9/21).

Pada kesempatan itu, Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi memberikan arahan dan penguatan terhadap jajaran pengamanannya dalam hal pengawasan. “Terutama dalam hal instalasi listrik agar menghindari korsleting listrik yang bisa menyebabkan insiden kebakaran. Maka dari itu, kami harus mengantisipasinya secepat mungkin agar tidak terjadi di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Kebakaran Kota Pematangsiantar Drs Jhosua Sihaloho melalui Kasi Penyuluhan dan Bantuan Teknik Pemadaman Kota Pematangsiantar Drs S Manurung mengatakan, betapa pentingnya pengetahuan dasar dalam pemadaman api ringan dengan cara menggunakan alat tradisional maupun Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Baca Juga:Kebakaran Lapas Tangerang, 41 Napi Tewas Dalam Sel Terkunci

Kalapas didampingi petugas Damkar mengaplikasikan simulasi pemadaman tersebut. “Ini merupakan bekal dasar bagi petugas dalam melaksanakan tugas apabila terjadi kebakaran sebagai pertolongan atau tindakan awal. Baik di tempat tugas maupun di rumah. Kemudian ini dapat menjadi bekal dalam hal mencegah terjadinya insiden kebakaran di dalam lapas,” kata Rudy Fernando.

Kalapas juga mengucapkan terimakasih kepada Damkar Kota Pematangsiantar yang telah membantu dan memberikan pengetahuan sebagai bekal dasar dalam pencegahan dan pemadaman api ringan, sehingga petugas Lapas mengerti dan memahami penanganan dan langkah yang harus dilakukan ketika terjadi insiden kebakaran. (yetty/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
18,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: