14.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Pemprov Sumut Terima Penghargaan dari KPPU

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memberikan Award KPPU Pratama kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk kategori persaingan usaha. Award ini merupakan apresiasi yang diberikan KPPU terhadap K/L dan Pemprov yang dianggap memiliki kontribusi terbaik terhadap dua peran utama KPPU yakni sebagai pengawas persaingan usaha dan pengawas pelaksanaan kemitraan.

Proses penilaian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif menggunakan berbagai variabel berdasarkan interaksi yang telah dilaksanakan KPPU dengan K/L dan Pemprov. Penilaian dititikberatkan kepada upaya inisiatif dalam pelaksanaan prinsip persaingan dan kemitraan dalam kebijakan yang diambilnya. Ini merupakan penganugerahan KPPU Award yang pertama dan akan kembali dilakukan tahun depan.

Pemberian penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) disampaikan langsung Ketua KPPU Kurnia Toha dan diterima Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam Kegiatan Diseminasi dan Penganugerahan Adaptasi Persaingan Usaha Sehat dan Pola Kemitraan Ideal dalam Kebijakan Pemerintah yang digelar di Westin Hotel Jakarta, Selasa (15/12/20).

Baca Juga:Ciptakan Persaingan Usaha Sehat, Pemprov Sumut Layak Terima KPPU Award 

Acara penganugerahan ini dihadiri sejumlah kementerian di antaranya Menko Perekonomian, Menko Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pertanian serta sejumlah gubernur yang menjadi nominator dalam KPPU Award.

Dalam sambutannya Ketua KPPU Kurnia Toha menyampaikan, penghargaan ini dilakukan secara tahunan sebagai apresiasi dan sekaligus pengakuan kepada Pemerintah Daerah yang telah mendukung tugas-tugas KPPU dalam menjalankan prinsip persaingan usaha yang sehat dan kemitraan dalam kebijakan yang diambilnya. Penghargaan ini juga merefleksikan jalinan sinergi antara KPPU dengan para stakeholders yang bersama-sama mendukung pemulihan ekonomi nasional yang sejalan dengan prinsip persaingan usaha yang sehat.

Pada kesempatan yang sama, Edy menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPPU karena penghargaan ini menunjukkan kinerja Pemprovsu beserta jajarannya dalam mendorong persaingan usaha yang sehat di Sumut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga:KPPU Award 2020 Nominasikan Provinsi Sumut

“Sumatera Utara memiliki luas daerah 72.981 km² dengan perekonomian utama meliputi sektor Perkebunan, Perindustrian dan Pangan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemrov Sumut dalam melakukan pembinaan kemitraan UMKM. Sementara dalam pengawasannya, kami terus berkoordinasi dengan KPPU untuk melindungi struktur pasar dari upaya pemusatan ekonomi oleh kelompok usaha tertentu melalui pemilikan dan penguasaan mitra usaha guna melindungi konsumen dan meningkatkan posisi tawar UMKM,” ujar Edy.

Ramli Simanjuntak selaku Kepala Kanwil I juga mengapresiasi pemerintah provinsi Sumatera Utara di era kepemimpinan Edy Rahmayadi dan Musa Rajeksyah yang selalu melibatkan KPPU, khususnya kanwil 1 dalam merumuskan kebijakan dan melakukan pencegahan pelanggaran UU No 5/99.

“Melalui komitmen pengawasan kemitraan yang telah dilakukan antara KPPU dengan Pemprovsu, kami berharap tahun depan Sumut kembali menerima penghargaan, khususnya penghargaan utama untuk kategori pengawasan kemitraan di daerah. Dengan adanya penghargaan ini, kerjasama antara KPPU dan Pemerintah Provinsi Sumut akan semakin sinergis,” pungkasnya. (ril/anita)

Related Articles

Latest Articles