18.8 C
New York
Friday, May 3, 2024

PPDB Sumut Diperpanjang, dari 42.000 Kuota Baru 18.848 Berhasil Mendaftar

Medan, MISTAR.ID

Setelah sebelumnya membantah adanya masalah dalam Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 terkait temuan Ombudsman yang kemudian meminta waktu pelaksanannya diperpanjang, panita pelaksana akhirnya melunak.

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut akhirnya mengambil langkah untuk memperpanjang masa pendaftaran, namun untuk waktu pelaksanannya masih akan dibahas terlebih dahulu.

“Kita lihat dulu kalau untuk harinya. Tentu akan kita bahas terlebih dahulu sama pimpinan, rencananya sore ini akan diumumkan langsung oleh Kadis (Kepala Dinas),” ujar Sekretaris PPDB Sumut Suhendri, Rabu (9/6/21).

Baca Juga:Puluhan Orang Tua Siswa Mengeluh, PPDB Online SMA Negeri 1 Pangururan Terkendala

Suhendri menjelaskan, adanya kendala-kendala teknis yang dialami calon pendaftar, menjadi alasan untuk kemudian masa PPDB 2021 ini diperpanjang. “Jadi kita sudah memperbaiki permasalah itu,” katanya.

Suhendri menampik tudingan kesalahan sepenuhnya di mereka dan meyakinkan kalau sistem yang berjalan saat ini sudah bekerja dengan baik. Hingga pukul 15.20 WIB, kata Suhendri, sudah ada 18.848 pendaftar dari 42.000 kuota yang disediakan saat ini. “Artinya kan sudah hampir setengah yang sudah melakukan pendaftaran,” ungkapnya.

Suhendri menegaskan, kendala utama yang terjadi di tengah-tengah masyarakat itu ada yang kesulitan untuk meng-uploud dokumen karena ukuran file nya kebesaran. Kemudian soal jaringan yang naik turun di perangkat Android masing-masing.

Baca Juga:Sulit Daftar PPDB Online, Puluhan Orang Tua Datangi Cabdis Sumut di Siantar

“Yang jelas itu yang melatarbelakanginya. Tapi kawan-kawan di Dinas Sumut dan di cabang selalu memberikan support, membantu masyarakat dan calon siswa yang mau melakukan registrasi,” pungkasnya.

Diketahui, sebenarnya hari ini adalah hari terakhir pendaftaran PPDB 2021 yang dibuka sejak Senin (7/6/21). Namun, sejak hari pertama dibukanya pendaftaran banyak orang tua siswa yang mengeluh karena situs pendaftaran bermasalah.

Ombudsman RI perwakilan Sumut yang melakukan sidak ke Disdik Sumut, Selasa (8/6/21) sore, menemukan masalah dan kemudian meminta waktu pendaftaran untuk diperpanjang. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles