14.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Massa Pendemo Thailand Bentrok Dengan Polisi, 41 Terluka

Bangkok , MISTAR.ID

Unjuk rasa yang tak kunjung usai di Thailand menelan korban. Bentrok yang terjadi antara pengunjuk rasa dan polisi mengakibatkan 41 orang terluka dalam aksi demo massa pro-demokrasi Thailand yang berakhir ricuh ketika polisi berusaha mencegah mereka memasuki halaman Parlemen, Selasa (17/11/20).

Massa mendesak perubahan konstitusi ketika anggota parlemen memperdebatkan apakah mereka akan mendukung amandemen yang diusulkan. Menurut informasi dari layanan darurat, sekitar 41 orang terluka, termasuk lima orang yang ditembak di bagian kaki, perut, atau pergelangan tangan. Tidak jelas siapa yang melepaskan tembakan dan jenis peluru yang digunakan.

Polisi membantah pihaknya yang melakukan penembakan dengan mengatakan bahwa mereka telah mematuhi hukum dan standar internasional. Sementara itu, beberapa orang lainnya menderita cedera saat demonstran pro-demokrasi dan massa royalis kerajaan terlibat perkelahian dengan aksi saling melempar batu.

Baca juga: Bentrok, Demonstran Thailand Kontra Pendukung Raja

Dalam bentrokan pada Selasa, polisi menggunakan gas air mata dan meriam air yang telah dicampur dengan bahan kimia untuk menahan sekitar seribu demonstran yang mencoba menerobos penghalang kawat berduri untuk memasuki kompleks Parlemen di pinggiran Bangkok.

Polisi juga menembakkan tabung gas air mata, yang beberapa di antaranya dilemparkan kembali oleh demonstran dan banyak di antara mereka mengenakan helm beserta perlengkapan pelindung lainnya.

Dilansir media, bentrokan itu terjadi saat tengah hari dan berakhir sekitar enam jam kemudian, ketika para pemimpin aksi protes menghentikan dan mengirim massa pengikutnya pulang.

Itu adalah kekerasan terburuk dalam aksi protes yang berlangsung berbulan-bulan di Thailand, meski sejauh ini polisi telah dua kali menggunakan meriam air dalam menghalau massa.

Baca juga: PM Thailand Didesak Ribuan Demonstran Agar Mundur

Anggota parlemen dijadwalkan untuk memberikan suara pada tujuh amandemen konstitusi yang diusulkan dalam sesi gabungan dari DPR terpilih dan Senat yang ditunjuk. Perubahan konstitusi membutuhkan suara bersama dari dua badan tersebut. Mosi apa pun yang lolos, harus melalui pemungutan suara kedua dan ketiga, setidaknya sebulan setelah pemungutan suara pekan ini.

Anggota parlemen telah menunda sesi sebelumnya tanpa memberikan suara pada amandemen yang diusulkan, ini menyebabkan demonstran menuduh pemerintah memiliki itikad buruk. Selain menyerukan perubahan konstitusi dan reformasi monarki, massa pro-demokrasi juga menginginkan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha dan pemerintahannya lengser.

Demonstran menuturkan Prayuth kembali berkuasa secara tidak adil dalam pemilu tahun lalu karena undang-undang telah diubah untuk mendukung partai pro-militer. Mereka juga menyerukan bahwa konstitusi yang ditulis dan diberlakukan di bawah pemerintahan militer dinilai tidak demokratis. Tapi tuntutan utama dari demonstran adalah menuntut reformasi monarki yang meyakini bahwa institusi kerajaan terlalu kuat dan tidak memiliki akuntabilitas. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles