32 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

Temuan Lapor Covid, 450 Pasien Meninggal Saat Isoman

Jakarta, MISTAR.ID

Inisiator LaporCovid-19 Ahmad Arif mengatakan berdasarkan pendataan pihaknya mereka menemukan setidaknya 450 orang yang terpapar virus corona (covid-19) meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Data tersebut dihimpun dari laporan warga dari berbagai platform yang diterima oleh LaporCovid-19 sampai 11 Juli 2021.

“Data sementara yang kami temukan sampai tadi malam, hampir 450 lebih pasien isoman yang terlacak dan terlaporkan di berbagai daerah di Indonesia. Memang yang kami temukan terbanyak sejauh ini di Jawa barat sekitar 160 pasien isoman yang meninggal,” kata Arif dalam diskusi secara virtual melalui kanal YouTube CISDI TV, Senin (12/7/21).

Khusus Jawa Barat, Arif menyebut kasus kematian saat isoman juga banyak ditemukan di Kota Bekasi sebanyak 81 kasus. Sementara itu, sebanyak 44 orang juga ditemukan meninggal dunia saat melakukan isoman di Sleman, Yogyakarta.

Baca juga: Warga Jalani Isolasi Mandiri Akibat Covid-19, Diminta Taati Masa Karantina

Arif juga mengatakan, temuan kasus tersebut juga ditemukan di luar Pulau Jawa seperti di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Riau dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia menyebut hal itu menunjukkan penyebaran Covid-19 sudah intens di luar Pulau Jawa. Ia mengatakan ada kemungkinan jumlah itu bisa lebih banyak. Sebab, banyak yang kasus yang tidak dilaporkan dan tercatat.

“Perlu sebagai catatan di sini bahwa jumlah yang terdata ini kami yakin hanya fenomena puncak gunung es karena tidak semua terberitakan atau terlaporkan,” ucap dia.

Baca juga: Hati-hati! Isolasi Mandiri Bisa Jadi Pemicu Klaster Keluarga

Oleh karena itu, Arif menyarankan agar pemerintah setempat menyediakan tempat isolasi mandiri terpusat lebih banyak. Ia menyebut pemerintah daerah bisa memanfaatkan sekolah dan gedung pemerintah yang dilengkapi dengan tenaga kesehatan. Selain itu, ia juga mengatakan, tracing dan pendataan pentingnya harus dilakukan agar pemantauan pasien isolasi mandiri dapat dilakukan dengan baik.

“Mencegah tidak terjadi klaster keluarga atau lingkungan, jadi sangat penting edukasi untuk pasien isoman. Ini titik lemah belum banyak tergarap,” ucapnya. (cnn/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: