25 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

Jelang Nataru, Pemerintah Perketat Screening Pelaku Perjalanan Internasional

Jakarta, MISTAR.ID

Menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru), Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengantisipasi lonjakan kasus. Antisipasi tidak hanya difokuskan dari dalam negeri, tetapi juga perjalanan internasional.

“Karena libur akhir tahun juga dirayakan di luar negeri,” kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry Harmadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/11/21).

Sonny mengatakan pemerintah bakal memperketat screening pelaku perjalanan internasional. Supaya tidak terjadi impor kasus Covid-19 yang berujung pada lonjakan kasus.

Baca Juga:Varian Delta Mendominasi Kasus Covid-19 di Tanah Air Termasuk Sumut

Satgas Covid-19 juga akan memasifkan upaya pencegahan di Indonesia. Salah satunya mempercepat vaksinasi bagi lansia dan anak-anak. “Untuk meminimalkan keparahan atau kematian akibat Covid-19,” papar Sonny.

Sonny menegaskan strategi tes Covid-19 tidak pernah mengendur. Sebab, Satgas Covid-19 belajar dari banyak negara yang mengalami lonjakan lantaran testing mengendur saat kondisi melandai. “Kami juga mendorong masyarakat disiplin protokol kesehatan,” tutur dia.

Sonny menyebut seluruh upaya itu butuh peran pemerintah daerah (pemda). Pasalnya, pemda yang paling memahami kondisi Covid-19 dan dinamika masyarakat di wilayah masing-masing. “Sehingga mereka penting mengedukasi dan menjaga kedisiplinan masyarakat,” sebutnya. (medcom/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: