25 C
Medan
Tuesday, September 28, 2021
spot_img

Ini 8 Aplikasi Belajar Online Gratis Rekomendasi Kemendikbud

Jakarta, MISTAR.ID

Saat ini banyak tersedia aplikasi belajar online atau daring dari yang berbayar hingga gratis. Di Indonesia, diketahui sudah lebih dari 1 tahun kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah karena pandemi.

Mempertimbangkan efektivitas, keamanan dan kenyamanan, metode pembelajaran online secara penuh lewat aplikasi menjadi pilihan di tengah situasi pembatasan sosial. Sekarang ini, pembelajaran melalui e-learning dipilih hampir di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia.

Agar membantu memperdalam materi, ada beberapa aplikasi belajar online yang bisa dimanfaatkan siswa. Bahkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, bekerja sama dengan berbagai platform untuk menyediakan aplikasi belajar online.

Baca Juga:Aplikasi Belajar Daring Ciptaan Dosen Unimed, Diujicoba di SMA Negeri 4 Medan

Aplikasi belajar online ini bisa digunakan di smartphone dan desktop PC/laptop. Aplikasi belajar online ini juga bisa didapatkan secara gratis. Berikut 8 aplikasi belajar online yang dirangkum.

1. Rumah Belajar

Aplikasi belajar online ini merupakan aplikasi ruang belajar yang dikembangkan oleh Kemendikbud. Seperti yang dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Selasa, 20 Juli 2021, rumah belajar ini memiliki beberapa tool seperti laboratorium maya. Kehadiran laboratorium online ini sebagai pengganti laboratorium di sekolah.

Beberapa fitur lainnya yakni, kelas digital, buku sekolah elektronik, sumber belajar, bank soal, hingga karya bahasa dan sastra. Kelebihan aplikasi rumah belajar ini dapat diakses secara gratis, baik untuk siswa ataupun untuk guru. Jadi, bisa bebas belajar di sini tanpa harus membayar uang tambahan.

2. Kipin School 4.0

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah Kipin School. Materi pembelajaran diperuntukan untuk siswa jenjang SD sampai SMA/K. Aplikasi belajar online ini tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja.

Tetapi juga memberikan sistem ujian dan latihan soal sebagai tempat untuk berlatih. Jumlah materi pembelajaran yang bisa di-download ada ratusan buku yang diterbitkan oleh kemendikbud. Kelebihan kipin school ini adalah, disertai latihan soal untuk mengukur kompetensi proses pembelajaran.

3. Meja Kita

Aplikasi belajar online ini bisa juga untuk forum diskusi. Cocok untuk Anda yang memiliki jiwa berorganisasi dan suka melakukan diskusi. Disamping itu, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan atau melakukan tanya jawab.

Segmentasi yang bisa memanfaatkan aplikasi ini ada beberapa jenjang pendidikan. Mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA/K yang tentu saja aplikasi dapat diakses secara gratis.

4. Media Belajar Online (MBO)

Aplikasi belajar online ini dapat dikatakan tidak sekadar sebagai media pembelajaran. Tetapi aplikasi ini juga menyediakan video pembelajaran, cocok buat Anda yang lebih senang belajar secara audio visual.

5. Icando

Aplikasi belajar online ini juga salah satu aplikasi yang direkomendasikan oleh Kemendikbud. Aplikasi belajar online Icando menggunakan program kurikulum 2013 yang sudah direvisi dan dikembangkan secara komprehensif.

Baca Juga:Salut! Demi Bantu Anak-anak Kurang Mampu Belajar Melalui Online, Warga Medan Ini Gratiskan Wifi

Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini menyediakan minigames, di mana minigames ini membantu mengoptimalkan semangat belajar. Aplikasi belajar online Icando ini diperuntukan untuk anak-anak sekolah jenjang PAUD, itu sebabnya banyak games yang sesuai dengan perkembangan anak-anak.

6. Brainly Indonesia

Brainly Indonesia adalah aplikasi yang cukup banyak diundur, ada sekitar 10 juta lebih. Aplikasi belajar online ini salah satu aplikasi yang dapat diakses secara gratis di smartphone maupun PC.

Ada banyak pilihan mata pelajaran, setidaknya sekitar 25 kategori mata pelajaran yang diperuntukan untuk jenjang SD hingga SMA/K. Aplikasi belajar online ini bisa dibilang komunikatif. Jadi buat Anda yang ingin menanyakan, juga bisa menanyakan di aplikasi ini. Buat pengguna aplikasi brainly indonesia yang menjawab pertanyaan, akan mendapatkan poin.

7. Kelas Pintar

Aplikasi belajar online kelas pintar ini merupakan aplikasi yang dapat dijadikan teman belajar secara daring. Jadi semua siswa dan guru dapat mengakses materi pembelajaran di aplikasi ini. Kelebihan yang ditawarkan kelas pintar adalah memberikan ruang.

Jadi selain didapat diakses dan diperuntukan untuk siswa dan guru, ternyata ada personalisasi dashboard untuk orang tua.

Aplikasi belajar online ini mengacu pada materi kurikulum 2013 jadi tidak perlu khawatir terkait muatan kurikulumnya. Dari segi penyajian pembelajarannya, kelas pintar ini disampaikan dan dikemas secara interaktif. Selain Indonesia, ternyata aplikasi ini pun juga hadir di beberapa negara juga, seperti di Singapura, Afrika Selatan dan UAE.

8. seTARA Daring

seTARA daring adalah sebuah aplikasi Learning Management System (LMS) yang dirancang untuk pembelajaran jarak jauh, dengan tagline-nya ‘Belajar Kapan Saja, Dimana Saja’. Sebagai Learning Management System (LMS), seTARA Daring menyediakan kelengkapan pembelajaran dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, sampai ke penilaian secara lengkap.

Aplikasi belajar online terbaik ini dirancang oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan dari Kemendikbud Indonesia.

Dengan aplikasi belajar online seTARA Daring, kegiatan kelas digital bagi para siswa dan guru dapat berjalan lebih mudah dan serba guna. Salah satu keunggulan aplikasi seTARA Daring yaitu telah terhubung dan terintegrasi dengan Sumber Belajar, sehingga guru dapat mengelola pembelajaran online dengan aman dan cepat.(suara.com/hm01)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
18,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: