30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

15 ABK Hilang, KM Setia Makmur Tenggelam di Laut Arafura

Marauke, MISTAR.ID

Sebanyak 15 Orang anak buah kapal (ABK) KM Setia Makmur dikabarkan tenggelam di laut Arafura, Marauke. Kepala SAR Merauke Supriyanto Ridwan mengatakan laporan tenggelamnya KM Setia Makmur 06 diterima Sabtu (2/7/22). Posisi kapal terakhir terdeteksi pada pukul 01.00 WIT dengan koordinat 08°.28′.00” S – 136°.35′.00” E atau berjarak 426 km ke arah barat dari dermaga Merauke.

Tim SAR gabungan terjun melakukan pencarian terhadap KM Setia Makmur 06. Kejadian tersebut dilaporkan kapal nelayan lain yang berada di sekitar lokasi kejadian ke pengurus kapal yang berada di Dobo yang kemudian melaporkannya ke SAR Merauke.

Dilaporkan sebanyak 25 ABK berada KM Setia makmur di laut Arafura. 15 orang diantaranya dinyatakan hilang. Dari surat kapal terungkap, kapal naas itu merupakan kapal yang digunakan untuk memancing cumi.

Baca juga:Dua ABK KM Azmi Asal Batu Bara yang Hilang Ditemukan Tewas

Kapal tersebut bertolak dari dermaga di Dobo pada 24 Juni lalu, menuju ke perairan Arafura untuk memancing cumi. Supriyanto menaksir jika dihitung dari tepian pesisir Pulau Dolok ke titik kecelakaan kapalnya berjarak sekitar 115 km.

Setelah menerima laporan, Tim SAR kemudian berkoordinasi dengan berbagai potensi SAR termasuk dengan aset-aset potensi yang sedang berada di sekitar lokasi kecelakaan.

Ada tiga kapal nelayan yang berada paling dekat dengan titik kejadian, yakni KM Sinar Mas 01, KM Jaya Sejahtera dan KM Pulau Muara. Ketiganya ikut dikerahkan melakukan pencarian.

Baca juga:Basarnas: 2 Korban Kapal KM Winston Tenggelam Berhasil Ditemukan

Sebanyak 10 ABK berhasil ditemukan selamat di sekitar lokasi kejadian. Mereka dievakuasi ke KM Sinar Mas 01.

KRI Teluk Weda yang berada di Teluk Bintuni dan KRI Teluk Weda turut dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan operasi pencarian. (antara/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: