30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Warga Diimbau Dukung Program Pembangunan Tanggul Rob di Belawan

Medan, MISTAR.ID

Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution menaruh perhatian besar terhadap pembangunan di kawasan Medan bagian Utara. Salah satunya pembangunan tanggul rob akan dimulai di Kecamatan Medan Belawan untuk mencegah atau mengurangi debit banjir rob yang menjadi momok bagi masyarakat di Belawan.

Saat kampanye, Bobby kerap mendengar keluhan warga Belawan soal banjir rob. Oleh sebab itu, Bobby pun berjanji akan membangun tanggul sesuai keinginan warga setempat. Untuk memastikan pembangunan tanggul berjalan lancar, Bobby menggelar
rapat di Kantor Kelurahan Belawan Bahagia Selasa (21/6/22). Selain membawa langsung OPD terkait, konsultan juga ikut rapat bersama perwakilan warga setempat.

Namun, ada segelintir warga yang menolak pembangunan tanggul rob tersebut dengan alasan-alasan yang kurang tepat. Mendengar itu, orang nomor satu di Pemko Medan ini pun meminta warga agar berembuk kembali.

Baca juga: Pembangunan Tanggul Rob di Belawan Butuh Dukungan DPRD dan Pemprov Sumut

“Yang pasti pembangunan tanggul rob dilakukan untuk mengatasi persoalan banjir yang selama ini dikeluhkan warga. Kita juga tidak ingin buat warga susah. Apabila warga memang tidak setuju, pembangunan tidak kita lakukan. Dan kalau setuju, pembangunan akan kita mulai Juli 2022 ini,” kata Bobby.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Medan Hendra DS pun meminta warga agar mendukung program Pemko Medan tersebut.

“Sudah puluhan tahun warga menantikan pembangunan tanggul rob. Harusnya masyarakat Kecamatan Medan Belawan semangat dan mendukung penuh Pemko Medan yang akan segera melakukan pembangunan ini,” ucapnya, Rabu (22/6/22).

Hendra juga mengajak masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan provokasi segelintir masyarakat yang menolak pembangunan tanggul rob ini.

Baca juga: Edy Rahmayadi Usul Pasang Tanggul di Medan Utara Atasi Banjir Rob

“Ini untuk kepentingan masyarakat banyak, bukan segelintir. Saya harap pembangunan tersebut benar terealisasi dan hasilnya bisa langsung dirasakan masyarakat,” tandas politisi Hanura ini.

Sementara itu, Pengamat Politik dan Pemerintahan asal USU, Indra Fauzan menilai penolakan itu bisa diatasi dengan komunikasi yang baik. Terlebih fungsi tanggul itu akan lebih banyak manfaatnya.

“Tentunya wajar ada yang menolak. Ini tugas pemerintah mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa tujuan dari pembangunan tanggul rob itu adalah untuk mengurangi banjir, sehingga warga bisa terlindungi. Dari aspek pembangunan tentunya pembangunan tanggul ini banyak fungsi bila dilihat dari aspek sosial dan ekonominya,” kata Fauzan. (rahmad/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: