28.9 C
Medan
Saturday, December 4, 2021
spot_img

USU Matangkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Gandeng BNI dan Mandiri

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) telah berbenah dalam menyiapkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang akan memasuki Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 dengan menggandeng PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Bank Mandiri sebagai mitra.

Staf Ahli Bidang Akademik USU Reni Asmara Ariga menyebutkan, jika USU akan mempersiapkan program MBKM pada semester genap lebih awal. Hal tersebut bertujuan agar memaksimalkan setiap waktu yang ada untuk persiapan yang lebih matang.

“Tentu kita tau jika program MBKM baru dimaksimalkan pada awal tahun 2021, maka di tahun 2022 kita ingin program MBKM ini sudah dapat berjalan maksimal,” ujarnya, Rabu (20/10/21).

Baca juga:Dosen Diminta Bantu Mahasiswa Baru USU Kenali Sistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Dijelaskannya pula, jika proses rangkaian program MBKM sudah dimulai sejak akhir tahun 2021. Menurutnya, persiapan sejak dini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mempersiapkan diri secara individu.

“Ini kita akan mulai dari Oktober ini hingga Desember nanti sudah pengumuman. Ada beberapa tahapan persiapan yang harus kita lewati hingga menuju pengumuman tersebut, baik dari segi internal di USU maupun bersama dengan mitra,” ungkapnya.

Rangkaian tersebut diawali dengan penentuan mitra melalui kesepakatan MOU/MOA, program mitra, persyaratan mahasiswa, serta sosialisasi kepada prodi. Setelahnya, dilanjutkan dengan konversi mata kuliah dengan program studi mengidentifikasi dan mengumumkan mata kuliah yang akan direkognisi, sosialisasi mitra kepada pembimbing akademik mahasiswa, lalu mendaftarkan mata kuliah ke SIA.

Rangkaian dilanjutkan dengan pendaftaran mahasiswa yang akan disosialisasikan juga melalui media sosial, website USU dan fakultas, link pendaftaran, serta pengaktifan dosen pembimbing akademik atau DPL.

“Tahapan selanjutnya adalah seleksi yang dilakukan oleh Biro Akademik dan Biro Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama USU bersama mitra MBKM. Hingga pada akhirnya diumumkan melalui surat resmi Wakil Rektor I USU,” sebutnya.

Perwakilan PT Bank Mandiri Ika Sri Hartini menyebutkan, jika pihaknya mendukung program MBKM melalui dua jalur, yakni atas kerja sama dengan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, serta kerja sama dengan USU.

Baca juga:STIK-P Gandeng Akademisi dan Praktisi Menuju Kampus Merdeka

“Khusus kerja sama dengan USU, kita siapkan program yang namanya Calon Pimpinan Daerah Khusus (CPDK) Bank Mandiri. Program ini bertujuan menjaring mahasiswa hingga menjadi pegawai tetap Bank Mandiri. Diawali dengan magang MBKM, magang kriya, pegawai kontrak, hingga yang berkompeten menjadi pegawai tetap,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan perwakilan PT BNI Muhammad Bukit yang menyebutkan, jika PT BNI pada prinsipnya mendukung program MBKM dengan USU. PT BNI juga akan menyesuaikan diri dengan tujuan yang diharapkan USU melalui program ini. (ial/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: