30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

USU Dukung Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022

Medan, MISTAR.ID

Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara (USU) Edy Ikhsan menghadiri sosialisasi penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022 sebagai bentuk dukungan. Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tersebut berlangsung di Hotel JW Marriot Medan, Jumat (27/5/22) malam.

G20 merupakan forum ekonomi global yang dibentuk sebagai respons terhadap krisis ekonomi pada tahun 1997/1998. Forum ini memiliki anggota 19 negara utama penggerak ekonomi dunia, termasuk Indonesia.

Hal itu sesuai dengan yang disampaikan oleh Wakil Rektor I Edy Ikhsan dalam sambutannya pada acara yang dikemas dengan tajuk ‘G20 Campus Outreach: Fostering Global-Minded Indonesian’.

Baca Juga:USU Gelar Virtual Career Expo 2022

“Kelompok negara ini berkontribusi pada 85% PDB dunia, 75% perdagangan dunia dan 80% investasi global, serta meliputi dua pertiga populasi penduduk dunia,” ungkapnya.

Edy menyebutkan, sosialisasi ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan G20 dan posisi Indonesia dalam Presidensi 2022 dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang akan berlangsung di Bali pada November mendatang.

Ia juga menambahkan terdapat banyak aspek baik ekonomi maupun non ekonomi yang perlu dipahami oleh mahasiswa.

Baca Juga:Dorong Perbaikan Ekonomi, BI Bahas Agenda Prioritas Presidensi G20

“Tidak hanya berkaitan dengan financial state dalam konteks bagaimana pemulihan ekonomi dunia, tapi juga pada aspek non ekonomi yang sebenarnya itu menjadi sangat penting. Misalnya kesetaraan gender, korupsi, perubahan iklim dan lain sebagainya,” ujarnya.

Edy menyebutkan, jika universitas memiliki peranan untuk menyukseskan acara ini karena memiliki sumber daya manusia seperti ahli-ahli, dosen dan mahasiswa.

Edy berharap dengan diadakannya acara ini, pengetahuan mahasiswa dapat bertambah dan dapat menjadi salah satu kesempatan bagi mereka untuk menuliskannya dalam karya ilmiah, sehingga menambah peran mahasiswa dalam memahami posisi Indonesia di level global terutama pada aspek ekonomi dan isu krusial lainnya. (ial/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: