28 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Unimed Wisuda 661 Lulusan Mahasiswa Periode Mei 2022

Medan, MISTAR.ID

Universitas Negeri Medan (Unimed) mewisuda 661 lulusan pada periode Mei 2022 yang dilakukan secara blended, luring terbatas dan melalui aplikasi zoom meeting di Ruang Sidang A Gedung Pusat Administrasi Unimed, Rabu (25/5/22).

Rektor Unimed Syamsul Gultom mengatakan, di era keterbatasan pandemi Covid-19 menuju proses endemi dan kebijakan baru dari pemerintah, para wisudawan dituntut untuk memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, serta kemahiran di bidang IT dan Bahasa Inggris. Menurutnya, semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan sudah berbasis IT, sebagai dampak pandemi.

“Kami berharap para wisudawan secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri berbasis digital saat ini, agar saudara terus mampu bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif,” ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa S2 Unimed Raih Medali Perak di SEA Games Vietnam

Rektor menilai, masyarakat menaruh harapan besar kepada Unimed untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan.

“Kami yakin saudara mampu bersaing di dunia kerja dan dapat hidup sukses yang lebih cemerlang untuk membahagiakan kedua orang tua dan keluarga,” katanya.

Rektor menambahkan, saat ini pimpinan Unimed sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen dan mempertajam relevansi kurikulum dengan dunia kerja, dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja.

“Kita sudah bekerja sama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” jelasnya.

Rektor menyebut, melalui program MBKM, 142 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankan.

Baca juga: 57.742 Peserta Ikuti UTBK SBMPTN Tahun 2022 di USU dan Unimed

Selain itu, setiap tahun ratusan mahasiswa Unimed kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia. Untuk semester ini, ada 306 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia dan ada 3 orang mahasiswa yang sedang kuliah 1 semester di Eropa pada program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award).

“Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini. Ada 806 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air,” katanya.

Pada wisuda periode ini, Unimed mewisuda 661 wisudawan yang berasal dari lulusan Program Pascasarjana sebanyak 43 orang, lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 38 orang dan lulusan Fakultas Bahasa dan Seni sebanyak 140 orang.

Kemudian lulusan Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 68 orang, lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 148 orang, lulusan Fakultas Teknik sebanyak 95 orang, lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 62 orang dan lulusan Fakultas Ekonomi sebanyak 67 orang. (ial/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: