27.2 C
Medan
Sunday, September 19, 2021
spot_img

RS USU Operasikan Cath Lab untuk Tangani Penyakit Jantung

Medan, MISTAR.ID

Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) mulai mengoperasikan Cath Lab (layanan keterisasi jantung), diawaki oleh dr Cut Aryfa Andra SpJP, dr Andi Khairul SpJP, dr Yolandi Sumadio SpJP dan dr Yasmine SpJP.

Direktur Utama RS USU Dr dr Henry Salim Siregar SpOG (K) meyakinkan, jika Cath Lab RS USU sudah layak dioperasikan, pasca peninjauan yang dilakukannya saat penanganan seorang pasien, sepekan yang lalu.

“Insya Allah dengan kondisi itu, kita sudah bisa menangani pasien jantung,” ujar Henry, melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (16/6/21).

Baca Juga: Peneliti AS Sebut Ada Risiko Radang Jantung Pasca Vaksin Kedua Corona

Henry mengatakan, Cath lab atau kateterisasi jantung dan angiografi adalah prosedur atau tindakan kardiologi diagnostic/operatif minimal invasive. Metodenya menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

“Misalnya untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada pembuluh darah tersebut,” katanya.

Henry menjelaskan, alat yang digunakan dalam cath lab dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara detail. Dengan begitu, sebut dia, prosedur ini bisa membantu dokter secara akurat dalam tindakan prosedur operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Baca Juga: CPR Ampuh Selamatkan Jiwa Orang yang Henti Jantung

“Diharapkan Cath Lab RS USU ini mampu menangani gangguan sumbatan pembuluh darah jantung,” ungkapnya.

Henry menyebutkan, Laboratorium kateterisasi ini dilengkapi oleh berbagai peralatan mutakhir. Peralatan canggih akan membantu dokter untuk melakukan prosedur diagnostik dan intervensi yang minimal invasi.

Cath lab sendiri, ungkap dia, paling umum digunakan untuk prosedur jantung, seperti angiografi koroner dan pemasangan stent.

“Di samping itu, cath lab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti radiologi intervensi, bedah saraf, bedah tulang dan lain-lain,” pungkasnya.(ial/hm02)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
18,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: