23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Revitalisasi Lapangan Merdeka, Tugu Titik Nol Kota Medan Dibongkar

Medan, MISTAR.ID

Seiring dengan revitalisasi Lapangan Merdeka menjadi cagar budaya, Tugu Titik Nol Kota Medan yang berada di Jalan Balai Kota, Kecamatan Medan Barat, persisnya di depan Kantor Pos dibongkar, Senin (15/8/22). Tampak beberapa petugas dari Dinas PUPR Kota Medan membongkar tugu bersejarah tersebut, sebelum akhirnya meratakannya dengan aspal.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan Syarifuddin Irsan Dongoran saat dikonfirmasi MISTAR.ID mengatakan, bahwa pembongkaran tugu dilakukan guna menyesuaikan dengan revitalisasi Lapangan Merdeka.

“Belum tahu akan dibangun apa di sana. Yang jelas kita sesuaikan dengan revitalisasi Lapangan Merdeka nantinya,” ucap Dongoran sembari menyebutkan pembongkaran tersebut tidak ada maksud untuk menghilangkan histori sejarah tugu itu.

Baca juga: Presiden Jokowi Letakkan Batu Pertama Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan

“Itu juga bukan tugu titik nol Kota Medan. Tugu itu bukan peninggalan Belanda dan sudah beberapa kali direvitalisasi sebelumnya. Jadi kita bukan menghilangkan nilai sejarah tugu itu, justru akan kita bangun lebih bagus sambil menyesuaikan dengan revitalisasi Lapangan Merdeka,” katanya.

Lanjutnya, dirinya pun meminta masyarakat untuk tidak berpikir macam-macam tentang pemerintah yang disebut-sebut membongkar Tugu Titik Nol Kota Medan tersebut.

“Kami harap masyarakat bisa mengerti dengan program-program yang kini dijalankan pemerintah. Informasi kita ingin menghilangkan nilai sejarah itu tidak benar, justru kita ingin membuatnya lebih bernilai lagi,” tutupnya. (rahmad/hm09)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Pelatih Timnas U-17: Kemenangan 14-0 Atas Guam untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Bogor, MISTAR.ID Pelatih tim nasional U-17 Indonesia Bima Sakti mengatakan kemenangan skuadnya atas Guam dengan skor 14-0 di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2022,...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: